MENJADI JATMIKA; Nilai Kejatmikaan pada Perempuan Samin di Kabupaten Bojonegoro

Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan peran perempuan Samin dalam ketahanan nilai-nilai kejatmikaan di Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa kandungan nilai-nilai ajaran kejatmikaan Samin diantaranya adalah pengendalian diri, beribadah dan menghormati, mawas diri dan menyelaraskan, adanya bencana merupakan cobaan, memegang budi sejati. Sifat pengendalian diri dengan nafsu. Pengendalian diri mengajarkan jangan sampai hidup dengan memprioritaskan kehendak nafsu belaka. Sifat menghormati ke sesama makhluk Tuhan merupakan wujud toleransi. Selain itu, manusai harus mawas diri tehadap lingkungan sekitar. Hidup menyatukan dengan alam menjadi kekhasan dari ajaran ini. Ajaran kejatmikaan berhubungan erat dengan sifat Ketuhanan. Semua cobaan datangnya dari Tuhan. Konsekuensinya yaitu sebagai manusia harus memiliki jiwa kesabaran yang kuat. Pada akhirya akan manusia tersebut akan memiliki budi pekerti yang sejati

Keywords


Toleransi, Perempuan Samin, Kejatmikaan

Full Text:

PDF

References


Dja`Man Satori Dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Universitas Sebelas Maret

Husein Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian: Skipsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakrta: Kencana

Kecamatan Margomulyo. 1996. Riwayat Perjuangan Ki Samin Surosentiko. Bojonegoro: Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Lindayanti Dan Witrianto. 2014. Harmoni Kehidupan Pada Masyarakat Plural: Studi Kasus Integrasi Sosial Antar Etnis Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jurnal Analisis Sejarah, Vol 5 No 1 Tahun 2014: 1-15.

Miles Dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 2009. Jakarta : Universitas Indonesia.

Mohammad Rosyid. 2010. Kodifikasi Ajaran Samin. Yogyakarta: Kepel Press

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskrptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Munadi. 2015. Budaya Politik Masyarakat Samin (Sedulur Sikep): Studi Kasus Di Dukuh Mbombong Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Accessed On November 6, 2015 From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Komunitas/Article/View/2738/2796.

Nana Syaodih S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwantini, Dkk. 2000. Tradisi Lisan Suku Samin Di Daerah Pedalaman Kabupaten Bojonegoro. Dalam Laporan DIP Universitas Airlangga: Fakultas Sastra Universitas Airlangga

Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Tanpa Nama. 2012. Data Monografi Desa/Kelurahan Margomulyo: Bojonegoro

Yan Adi Christanto Dan Sarmini. 2015. Konstruksi Masyarakat Samin Tentang Nilai0nilai Pancasila Di Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Bojonegoro. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Vol 01 No 03 Tahun 2015: 54-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v11i2.10628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats