Kesulitan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis

Ramli Ramli, Sufyani Prabawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan hambatan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis yang dibahas berdasarkan pemahaman konsep matematis. Metode penenlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Data diambil dari 26 orang siswa kelas VIII SMPN 29 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 melalui teknik tes secara tertulis dan wawancara dengan menggunakan instrumen soal tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan fakta, konsep dan prinsip yang dibahas berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis. Hambatan belajar yang dijumpai dalam menyelesaikan masalah tersebut berupa hambatan yang bersifat epistemologis (keterbatasan pemahaman) dan ontogenik (kesiapan mental).


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Brousseau, G. (1997). Theory of Didactical Situations in Mathematics (A. J. Bishop, Ed.; 19 ed.). Kluwer Academic Publishers.

Damayanti, P. A., & Rusnayati, H. (2018). Profil Hambatan Belajar Epistemologis Siswa SMA Pada Materi Ciri-Ciri Gelombang Mekanik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 200–206.

Duffin, J. M., & Simpson, A. P. (2000). A Search for Understanding. Journal of Mathematical Behavior, 18(4), 415–427. https://doi.org/10.1016/S0732-3123(00)00028-6

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Haqq, A. A. (2019). Reduksi Hambatan Belajar melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME, Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2), 117–127.

Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. Technical Communication Quarterly, 24(1), 109–112. https://doi.org/10.1080/10572252.2015.975966

Hendriana, H. (2013). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis, 23–30.

Hendriana, H., & Sumarmo, R. and U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (3 ed.). Refika Aditama.

Permendikbud Tahun 2016 Nomor 21, 21 116 (2016).

Moru, E. K. (2007). Talking with The Literature on Epistemological Obstacles." For the Learning of Mathematics. 27(3), 34–37.

NCTM. (2000). Pssm. Dalam National Council of Teachers of Mathematics (Vol. 1, Nomor 11). Reston, VA. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Ningsih, I., Hidayati, H., & Wijayanti, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Students Have (QSH) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.30738/NATURAL.V2I1.300

Nuvita Sari, Nurul Ayu. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Pengasih. Jurnal LEMMA, 4(2), 38–42. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2710

PISA. (2020). PISA 2015 Results in Focus. Dalam OECD. https://doi.org/10.1596/28293

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Mosharafa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318.

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional | Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&999&999!T&03&T&T&1&!1!&

Rosilawati, Alghadari, F. (2019). Konsepsi Siswa pada Suatu Bentuk Bangun Ruang Terkait dengan Rusuk dan Diagonal Sisi 1. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VII(2), 164–176.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya (hlm. 23). Rineka Cipta.

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.37

Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya Membangun Kemandirian Berpikir melalui Penelitian Pembelajaran. UNSWAGATI, 6(Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika).

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR) (D. Suryadi, Ed.; I). Gapura Press.

Tall, D., & Vinner, S. (1981). Concept Image and Concept Definition in Mathematics with Particular Reference to Limits and Continuity. Educational Studies in Mathematics, 12(2), 151–169. https://doi.org/10.1007/BF00305619

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 9–10.

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa SMP Ar-Rohmah. MATHEdunesa, Mei, 79–84. https://doi.org/ISBN: 978 – 602 – 1150 – 19 – 1

Wisdom, N. (2014). Meta-Didactical Slippages: A Qualitative Case Study of Didactical Situations in a Ninth Grade Mathematics Classroom. Middle-Secondary Education and Instructional Technology Dissertations, 7–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter