Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP

Ulfah Yuyuny, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model IMPPROVE dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Ada tidaknya interaksi antara pembelajaran model IMPROVE dan Motivasi Belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bangkinang Kota tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VII Ahmad Yani sebagai kelas eksperimen dan VII Datuk Tabano sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan LAS. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis pertama adalah uji-t dan hipotesis kedua menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai t hitung = 5,601 dan t table = 2,021 sehingga dapat disimpulkan t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha  diterima  dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelas ini memiliki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah untuk interaksi F(AXB) hitung = -0,39 < F(AXB) table = 3,21, dengan demikian Ho diterima sedangkan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Lies. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. SJME (Suska Journal of Mathematics Education), 2(1), 52–56.

Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan matematika realistik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hariyani, Mimi. (2014). Konsep Dasar Matematika. Pekanbaru: Benteng Media.

Hendriana, Heris. (2017). Hard Skill And Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Reflika Aditama.

Jayanti, Ni Putu Sri, I. Made Ardana, dan I. Putu Pasek Suryawan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Improve Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 9–18.

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Reflika Aditama.

Mevarech, Zemira R., dan Bracha Kramarski. (1997). IMPROVE: A multidimensional method for teaching mathematics in heterogeneous classrooms. American educational research journal, 34(2), 365–394.

Muhandaz, Ramon. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang. SJME (Suska Journal of Mathematics Education) 1(1), 35–44.

Pratiwi, Melisya Indah, dan Ismail Mulia Hasibuan. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. SJME (Suska Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–80.

Risnawati, Risnawati, Wahyunur Mardianita, dan Hernety Hernety. (2016). pengembangan LKS pemecahan masalah kaidah pencacahan dengan pendekatan metakognitif untuk SMA kelas XI. JPPM (Jurnal penelitian dan pembelajaran Matematika), 9(1), 138-144.

Shoimin, Aris. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Vol. 210. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, t.t.

Suraji, Suraji, Maimunah Maimunah, dan Sehatta Saragih. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). SJME (Suska Journal of Mathematics Education), 4(1), 9–16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter