Pengaruh Penerapan Pendekatan Open ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 2 Bangkinang Kota

Anggun Chici Cahyati. M, Lies Andriani, Rena Revita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang  terdapat pada siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning jika berdasarkan self efficacy siswa, serta melihat ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.1 dan VIII.2 dengan menggunakan cluster random. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket berupa lembar angket self efficacy, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang memiliki self efficacy  tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: open ended, kemampuan pemahaman konsep matematis, self efficacy


Full Text:

PDF

References


Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115–128.

Dwi Putra, H. (2018). Kemampuan Pemahaman matematis siswa SMP di Bandung Barat,. 11(1), 19–30.

Hakasinawati, H., Widada, W., & Hanifah, H. (2017). Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas Di Man I Kota Bengkulu). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Hartono. (2019). Metode Penelitian. Zanafa Publishing.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Mukhid, A. (2009). SELF-EFFICACY (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Rulviana, V. (2017). Kurikulum 2013 sebagai inovasi pembelajaran melalui pendidikan karakter.

Trisnawati, T. (2015). Pengaruh Pendekatan Open Ended dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA.

Yusliriadi, Y., Darmawijoyo, D., & Somakim, S. (2015). Pengembangan Soal Open-Ended Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan untuk Siswa SMP. Jurnal Elemen, 1(2), 106–118.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter