Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP

Mita Surya Antika, Lies Andriani, Rena Revita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair Square dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemampuan awal matematika siswa, lembar observasi dan alat dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan anova dua arah (two way anova). Dari hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Square (TPS) dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Square (TPS) dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa tinggi, sedang dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Think Pair Square, Kemampuan pemahaman konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen


Full Text:

PDF

References


Astuti. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatis. Vol.1

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Januarti., Putu, D., dkk. (2016). Studi Komparatif Model Pembelajaran Think Pair Square Dan Think Pair Sheare Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mapel TIK Kelas X SMAN 1 Suka Sada. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2).

Lie, Anita. (2014) . Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Mawaddah, S & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 76-85

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2)

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan antara Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in MathematicsLearning and Education, 2(1), 35.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Afabeta.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sumantri,mohamad syarif. (2016). Strategi pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wena,made. (2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara

Yamin, M., & Ansari, B. I. (2008). Taktik Mengembangkan Kemmapuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

   

 

View My Stats

 

Flag Counter