Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Kampar Riau

Memen Permata Azmi, Azwir Salam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII di Kabupaten Kampar pada materi segi empat. LKS yang dikembangkan memiliki kekhususan yaitu berdasarkan pada pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) berbasis intuisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE, terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, develop, implement, evaluate. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan LKS adalah angket uji validitas yang diberikan kepada validator ahli materi dan ahli teknologi pendidikan, serta angket uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa sebagai pengguna LKS. Selain itu, digunakan tes tertulis berbentuk uraian yang diberikan kepada siswa setelah belajar menggunakan LKS yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu data angket dan tes dikonversi kebentuk persentase keidealan kemudian diinterpretasikan berdasarkan kategori-kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan CRA berbasis intuisi pada materi segi empat  dinyatakan sangat valid, sangat praktis, serta tingkat pemahaman konsep matematis siswa setelah belajar mengguna LKS berada pada kategori sangat efektif.

Full Text:

PDF

References


Anstrom, T. (2006). Supporting students in mathematics through the use of manipulatives. American: Center for Implementing Technology in Education, American Institutes for Research.

Azmi, M. P. (2016). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 21, Nomor 1, April 2016, hlm. 14-18.

DOI: http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.655

Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017) hlm. 68-80. DOI : 10.24127/ajpm.v6i1.798

Dahlan, J.A. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Fisthi, N. R. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran berbasis pada pengembangan intuisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi turunan ditunjau dari kreativitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Flores, M. M. (2010). Using the concrete-representational-abstract sequence to teach subtraction with regrouping to students at risk for failure. Jurnal Remedial and Special Education Vol 31 Hammill Institute on Disabilities.

Hasanah, A. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa sekolah menengah atas melalui pendekatan kontekstual berbasis intuisi. (Disertasi). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Moelanda, M. (2003). Educational Technology: An Encyclopedia. (Online). (http://www.indiana.edu/~molpage/The%20ADDIE%20Model_Encyclo.pdf)

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

National Council of Teacher of Mathematics NCTM (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Rahmawati, A. (2013). Penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan CRA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Strozier, S. D. (2012). The effects of concrete-representational-abstract sequence and a mnemonic strategy on algebra skills of students who struggle in math. (Dissertation), Auburn University.

Suherman, dkk. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmana, A. (2011). Profil berpikir intuitif matematik. (Laporan Penelitian LPPM), Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Usodo, B. (2012). Karakteristik intuisi siswa sma dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender. Junal Aksioma V. 01.

Witzel, B. S. (2005). Using CRA (Concrete-Representational-Abstract) to teach algebra to students with math difficulties in inclusive settings, laerning disabilities. A Contemporary Journal.

Yuliati, A. (2013). Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis siswa smp dalam belajar geometri. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Yuliawati, L. (2011). Pembelajaran matematika dengan pendekatan CRA (Concrete-Representational-Abstract) untuk meningkatkan pemahaman dan pemecahan masalah. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.7489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter