Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah

Susi Haryanti, Arnida Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari  Adversity Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t untuk hipotesis 2 dan 4, uji-t’ untuk hipotesis 1 dan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Adversity Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) . Jakarta : Bumi Aksara.

Akhmad Margana, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol.5, No. 1, Januari 2016

Azwar, S. 2015.Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

BSNP. 2016Standar Isi Pendidikan Dasardan Menengah. Jakarta: BSNP,. tersedia:

Bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf

Faridha Rakhmawati, dan Rita P.khotimah, peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Problem Based Instruction, Skripsi dalam bentuk naskah Artikel Publikasi Ilmiah, 2013.

Hamalik, Oemar. 2010.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. 2015.Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika,. Bandung: Refika Aditama.

Hudojo, Herman.1990.Strategi Mengajar Belajar Matematika.Malang : IKIP Malang.

Isna nur, dkk. 2013. Journal Pendidikan Matematika”Proses Berpikir Kreatif Kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas di tinjau dari Adversity Quotient Siswa (FKIP: Surakarta) solusi, vol.1, No.1

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada.

Kiki Syarli Wahyu, dkk. 2012. Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Problem Based Instruction .Jurnal Pendidikan Matematika. FMIPA UNP. Vol. 1, No. 1, Part 2 .

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

NCTM. 2000. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics.

Ngalimun.2015. Strategidan Model Pembelajaran.Yogyakarata: Aswajapressindo.

Nggermanto. 2008. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.

Rahmat Fitra, Hajidin, B.I Anshari. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Instruction, Jurnal Didaktik Matematika, Vol.3, No.2, September 2016.

Ramayulis. 2015. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: KalamMulia.

Sari, s. dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang TahunPelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2

Shoimin, Aris. 2014.68 Model Pembelajaran Inivatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Stoltz, Paul. 2014. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, alih bahasa: T.Hermaya. Jakarta: PT Grasindo.

Sudijono, Anas. 2008. PengantarEvaluasiPendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Syafti Oktaviani. 2016. Pengaruh Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa kelas X SMA N KabupatenPesisir Selatan. JurnalPendidikanMatematika. STKIP PrestasiBangsaPesisir Selatan. Vol. 1, No.1

Syarlii wahyuni, dkk. 2012. Jurnal Pendidikan Matematika. FMIPA UNP, 2012, vol. 1 , No. 1

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wina Sanjaya. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter