Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru

Ramon Muhandaz, Ovi Trisnawita, R. Risnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horayterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pekanbaru. Model pembelajaran Course Review Horaydipilih karena model tersebut membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik melalui diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimendan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji  tes untuk semua hipotesis. Berdasarkan uji tes  yang dilakukan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 diperoleh  hitung  tabel, artinya  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model Course Review Horay dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata skor kelas kontrol. Sedangkan untuk hipotesis 4 diperoleh   hitung  tabel, artinya  ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model Course Review Horay dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor sama untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.

Full Text:

PDF

References


Afgani, J. 2011. Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 01 No 2.

Amir, Z dan Risnawati 2014. PsikologiPendidikan. Pekanbaru:Suska Press.

Bani, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Mengah Pertama Melalui pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. Edisi Khusus No.1. ISSN 1412-565X.

Ernawati, N. 2009.Efektivitas Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pokok Bahasan Sudut Pada Siswa Kelas VII Semester II di SMP Al-Islami I Surakarta, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, tidak diterbitkan.

Gurria, A. 2016. PISA 2015: PISA Result in Focus. PISA: OECD.

Hendriana, H dan Utari S. 2014.Penilaian Pembelajaran Matematika .Bandung: PT. RafikaAditama.

Hendriana, H, dkk. 2017.Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT.RefikaAditama.

Herawati, O.D.P, dkk. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4 No.1. Tersedia di: http://eprints.unsri.ac.id/836/1/5_okti_70-80.pdf.

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajarandan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istarani dan Muhammad R. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, Medan: CV. Iscom Medan.

Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.

Kurniasih, Idan Berlin S. 2016. RagamPengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jakarta: Kata Pena.

Lestari, K.E, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika: Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suhendri, H. 2010. Pengaruh Kecerdasan Matematika-Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif Vol.1 No. 1.

Suherman, H, dkk. 2001 Common Text Book: Startegi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UniversitasPendidikan Indonesia.

Uno, H.B dan Nurdin M. 2012. Belajar dengan pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik: Strategi Pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat Diterapkan Untuk Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

   

 

View My Stats

 

Flag Counter