Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru

Suci Ratna Sari, Depi Fitraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VII.E sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua jalan (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket untuk mengukur tingkat kemandirian belajar siswa.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran ditinjau dari kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Asri, Khairul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Vol. 1, No. 2.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Jurnal Edisi Khusus No.1, Agustus.

Ikin Asep Sugandi, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA dalam Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.2.

Mashuri, Imam. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora. JMEE Volume II Nomor 1.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian   Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika.Volume 2 Nomor 1.

Ramdani, Yani. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan FMIPA UNISBA. Vol. 13 No.1.

Suhendri dan Mardalena. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif 3(2) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika dan IPA. Universitas Indraprasta PGRI.

Suhendri Huri. Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika, dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA).

Syahri Andi Alim. 2017. Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam (MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 2.

Syaripah. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, dalam Jurnal Program Pascasarjana UNIMED Mrdan, forum Paedagogik Vol. VI, No.01.

Tahar Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh “, dalam Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume. 7, Nomor 2, September.

Zuliana Eka. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII B Mts N Kudus Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Materi Kubus Dan Balok, Dosen S1 PGSD UMK.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

 

View My Stats

 

Flag Counter