Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa

Desi Mardaleni, Noviarni Noviarni, Erdawati Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran scaffolding dengan siswa yang mengikuti strategi yang diterapkan oleh guru berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Perawang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Perawang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik A Cluster Random Sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang berikan strategi pembelajaran scaffolding, dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol yang diberikan strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan awal matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat sisimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran scaffolding dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran scaffolding dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Andriani. L. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matemtika Menggunakan Strategi Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Suska Journal of Mathematics Education. Vol 2. No. 1

Cahyono, A. (2013). Panduan Aplikasi Teori – Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press

Hendriani, H., Rohaeti, E.E., Sumamo. U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Rafika Aditama

Hutabarat. R.C. (2014). Strategi Heuristic dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech. Vol.06 No. 04-Desember 2014

Minarni, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding, UNY: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA

Nabila, F.A., Gani, A., Habibati. Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap ketuntasan hasil Belajar Peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol. 2 No.3

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. ISSN : 2356-3915. Vol.1.No.2

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers

Sadjana, N. (2005). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Scine Study. (2016). Hasil TIMMS 2015

Sumantri, M.S. (2016). Strategi Pembelajaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Rineka Cipta

Zakaria, F. (2007). Trend Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Perpustakan Negeri Malaysia




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

 

View My Stats

 

Flag Counter