Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Fahri Riansyah, Arnida Sari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan belum dilaksanakannya model Think Talk Write di MTs N Danau Bingkuang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Think Talk Write dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung yang ditinjau dari kemampuan awal siswa MTs Negeri Danau Bingkuang. Yang mana menyelidiki dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan kelas VII.2 MTs Negeri Danau Bingkuang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)  dan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari  kemampuan awal  siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah (two way ANOVA). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengukur kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan siswa menggunakan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian secara model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari kemampuan awal siswa MTs N Danau Bingkuang.

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chandra Sri Rahma, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1). UNP.

Erman Suherman, dan Putra Wina, Udin S. 1999. Strategi Belajar Matematika, Jakarta, Universitas Terbuka.

Hanun Farida. Pengruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. MAN 3 jakarta.

Hartono. 2014. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hendriana Heris & Soemarmo Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Huda Mifthul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Medan Persada.

Majid Abdul. 2014. Model Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyantiningsih Endang. 2011. Model Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Purwanto Budi, Tesis Magister, “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thin-Talk-Write (TTW) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemandirian Siswa SMA di Kabupaten Madium”, (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2012)

Putri Neka Amelia, dkk. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (3). UNP.

Putri Rizki Herlina Wati, Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Team Assisted Individualization Dan Quiz Team Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Di Smp Muhammadiyah 8 Surakarta, dalam publikasi ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. hal.1-2

Sanjaya Wina. 2008. Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saryantono, Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Adiguna Bandar Lampung Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Prosiding Semirata FMIFA Universitas Lampung, 2013. h.5

Suherman, E. dkk, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-IMSTEP.

Suraji. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), Suska Journal of Mathematics Education. 4(1), hal. 9-16.

Sutawidjaja Akbar dkk. 1991. Pendidikan Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Widodo Sri Adi. 2016. Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII, Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1).

Zakaria Efandi. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik, Kuala Lumpur:Tmn. Sg. Besi Idustri Park.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

Flag Counter