Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

Witri Marsinia, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang  menunjukkan masih terdapat siswa SMA Negeri Plus Provinsi Riau yang belum optimal memiliki kemampuan berpikir kreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika dilihat berdasarkan kemandirian belajar serta melihat ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain randomized control group pretest-pascatest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MS semester genap SMA Negeri Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil secara acak adalah kelas X MS 2 dan X MS 4. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 menggunakan uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai  sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukan            dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa jika berdasarkan aspek kemandirian belajar, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Sedangkan untuk interaksi  sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Amir Z dan Risnawati.(2015).Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anggraini.(2012).“Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry dan kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan Proses Sains di SMA N 1 Stabat”. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Asti Asterina.(2015).“Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dankreatif Matematis Melalui Pembelajaran Problem Centered Learning Siswa SMP”(Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia,2015.

B Uno, H & Mohamad,N.(2012).Belajar dengan Pendekatan PAIKEM.Jakarta:Bumi Aksara.

Hedi Budiman.(2011)“Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D”, 2.Artikel Ilmiah.

Hendriana ,H & Sumarmo,U.(2017).Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa, (Bandung:PT Repika Aditama.

Lestari,K E & Ridwan,M.(2017).Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung:PT Refika Aditama.

Masrun dkk.(1986).“Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk di Tiga Suku Bangsa(Jawa,Batak,Bugis)” , Laporan Penelitian, Universitas Gajah Mada.

OECD.(2015). Programe For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015. [online]. Tersedia: http://www.oecd.org/unitedstates/PISA-2015-results-US.pdf

Okviani Syafti.(2016)“Pengaruh Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Pesisir Selatan”.Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah.Volume I Nomor 2.

Ramon Muhandaz.(2015).“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompokt terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang,” Suska Jurnal of Mathematics Education Vol. 1 No.

Sanjaya,Wina.(2013).Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Prosedur.Jakarta: Kencana.

Slameto.(2015).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta:PT Rineka Cipta.

Syam, Suardi.(2015).Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta:Zanafa Publishing.

Trianto.(2017).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif ,Progresif dan Kontekstual.Jakarta: Kencana.

Widiani Tresia.(2016).”Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa”, Pontianak: Universitas Tanjungpura.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

 

View My Stats

 

Flag Counter