Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah

Hadinurdina Hadinurdina, Annisah Kurniati

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTsN Terantang Kec. Tambang Kab. Kampar. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VII MTsN Terantang. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa berbasis Problem Solving. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, angket uji praktikalitas dan posttest. Lembar uji validitas bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan posttest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Lembar kerja siswa yang dihasilkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 83,82% (sangat valid), tingkat kepraktisan 85,22 % (sangat praktis) dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 80,20% (tinggi). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan layak dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Mengembangkan Standar Kompeteni Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Benny A. Pribadi. (2009). .Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Effandi Zakaria. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Loh Prin SDN, BHD.

E. Mulyasa. (2009). Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fadjar Sadiq. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi Matematika. Departemen Pendidikan Nasional: Yogyakarta.

Jarnawi D Afgani. (2011). .Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). .Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosmawati dkk, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving, (FMIPA UNP, 2012) Vol. No. 1 Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 : hal 80

Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

 

View My Stats

 

Flag Counter