Pengaruh Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP

Feby Rendani, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen serta desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (Two-Way Anova). Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teacing dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hasilnya di peroleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh . 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar. Hasilnya diperoleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh  dan 3) Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasilnya diperoleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh . Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Prosiding Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta ISBN : 978 – 979 – 16353 – 6 – 3.

Bistari. (2010). Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Tanjungpura. 1, (1), 11-12.

Faradila, dkk. (2016). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Lingkaran ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal tidak diterbitkan Elektronik Pembelajaran Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, Vol.4 No. 3

Hartono. (2010). Statistik untuk Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarrmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika,. Bandung: Refika Aditama

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti dan Utari Sumarmo. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Istarani dan Muhammad Ridwan. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada. Lestari.

Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Palinscar & Brown. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension-Fastering And Comprehension-Monitoring Activities. Journal of Cognition And Instruction, p. 117-175. Michigan: Michigan State University.

Permendikbud. (2014). Standar Isi Kurikulum 2013 Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah No. 58.

Qohar, Abd. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Rachmayani, Dwi. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. 2, 13-23 ISSN 2338-2996.

Ramellan, Purnama. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, Vol. 1 No. 1 Part 2: tidak diterbitkan.

Rifa, Dwi, Yulis Jamiah, dan Ahmad Yani. (2016). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Segiempat di SMP.. Jurnal Pendidikan matematika FKIP Untan Pontianak. 5, (6), 1-10.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Van de Walle, John A. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

   

 

View My Stats

 

Flag Counter