Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Reny Reski, Nahor Hutapea, Sehatta Saragih

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskiptif kuantitatif yang dilakukan pada siswa dan guru MTs. PP. Ansharullah kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini melalui wawancara dengan siswa dan guru, observasi, dan studi literatur yang dianalisis secara deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ade Mulyana, U. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9 No.1.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Branca. (1980). Problem Solving as A Goal, Proces and Basic Skill. Dalam S.Krulik & R.E.Reys (ed), Problem solving in School Mathematics. Virginia: NCTM Inc.

Danoebrote, S. W. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan PMRI dan Pelatihan Metakognitif. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, XI Nomor 1.

Daulay, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Rekognisi:Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan p-ISSN 2527-5259 e-ISSN 2599-2260, Vol.2, No., 81–99.

Iwamoto, D, H. Hargis, J. Bordner, R & Chandler, P. (2017). Self Regulated Learning as a Critical Attribute for Succesful Teaching and Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning., 2, 11.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Pub. L. No. 58 (2014). Jakarta.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Max A Sobel. (2004). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Mullis, I. V. . et all. (2000). TIMMS 1999 International Mathematics Report Finding from IEA’s Repeat of thea Third International Mathematics and Sciense Study at the Eight Grade. Boston.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. Principles and standards for school mathematics (2000).

Polya, G. (1985). How to Solve It. United States of America: Princeton University Press.

R Dada. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keaktifan Belajar Peserta Didik SMP. Universitas Pasundan.

Rahmi, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis dan Self-esteem siswa melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, R. abdullah. (2015). Pembelajaran saintifik untuk Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri Delina Lubis, Edy Surya, A. M. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Paradikma, 8, 98–111.

Sri Wardani, D. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD, Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Sumarmo, U. (2006). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran, Laporan Hibah Pascasarjana tahun Ketiga. UPI Bandung.

Sumarmo, U. (2010). Pengembangan Berpikir dan Disposisi Kritis, Kreatif pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika, Makalah dimuat Dalam Website Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprahatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Malang: Arruz- Media.

Suryadi, D. & H. T. (2004). Eksplorasi Matematika: Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Turmudi. (2009). Pemecahan Masalah Matematika, Disajikan pada Pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Arrani Banda Aceh.

Utari Sumarmo, D. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter