Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru

Heni Rahmadani, Yenita Roza, Atma Murni

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan bahan ajar fungsi trigonometri berbasis TI. Data dalam artikel ini dikumpulkan melalui penyebaran angket melalui bantuan google form yang diisi oleh tiga orang guru matematika dan 20 orang siswa kelas X SMA IT Al-bayyinah semester genap tahun ajaran 2017/2018, lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek kajian dalam artikel ini mencakup: 1) kesesuain KI dan KD, 2) bahan ajar yang digunakan guru, dan 3) kebutuhan guru dan siswa terkait bahan ajar berbasis TI. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Semua materi pada bahan ajar sudah sesuai dengan KI dan KD 3.11; 2) Guru dan siswa menggunakan bahan lain selain buku dari sekolah untuk membantu dalam memahami suatu materi; dan 3) Guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbasis IT yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep fungsi trigonometri, karena sejalan dengan perkembangan informasi dan teknologi. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa bahan ajar berbasis IT diperlukan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. (2013). Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, (45), 97–106.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: DEPDIKNAS.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Dikmen.

Ferti Anggraeni, Undang Rosidin, W. S. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan LKS Berbasis Laboraturium Virtual Dengan LKS Konvensional. FKIP Unila, 1(1), 93–106.

Halidi, Hasan Mahmud, S. N. H. dan S. S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Ibrahim. (2015). Deskripsi Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 370–378.

Ika Lestari. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Jenny Indrastoeti SP, S. I. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran di PGSD Dengan Pendekatan Kontekstual. Proseding: INOVASI PENDIDIKAN Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, Dan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Abad 21, 1(1), 266–279.

Kaushik, A., & Singh, A. K. (2013). Long Term Forecasting with Fuzzy Time Series and Neural Network : a comparative study using Sugar production data, 4(7), 2299–2305.

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, IIII, 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi & Rekayasa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 1–10.

Mira Susanti, Nevrita, A. N. P. (2017). Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi di MAN Tanjungpinang. Jurnal Umrah, 1(8), 1–9.

Mochamad Guntur, Arif Muchyidin, W. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik terhadap Kemandirian Belajar Siswa Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Syekh Nurjati Cirebon. EduMa, 6(1), 43–51.

Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. EduMa, 5(1), 80–90.

Sumarni, Anggar Titis Prayitno, M. N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Ekonomi Berbasis Learning Cycle Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JES-MAT, 3(2), 139–154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

Flag Counter