Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru

Nazilatul Wahidah, H Hasanuddin, Hartono Hartono

Abstract


Abstrak. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan minimnya penggunaan lembar kerja siswa saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe kreatif-Produktif dalam pembalajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS matematika model Kreatif-Produktif yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VIII.1 dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Problem Based Instruction. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket  uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 82,8% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 89,7% (sangat praktis). LKS model Kreatif-Produktif telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kriteria tinggi dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS model kreatif-produktif yang dikembangkan valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Model Peneilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Hutagalung, R.(2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery berbasis Budaya Toba Di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 70-77

Isatarani & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.

Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Nomor 22 tahun 2006). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatf Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press

Rusia, I., Fahinu, & Tiya, K. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 85 - 98

Saltifa, P., Irwan, & Dewi, M.P. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Memahami Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 73-76

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Roskadarya. cet. 7

Sumarsih. (2016) Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mempelajari Persamaan Garis Lurus dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, November 2016, 415-430

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Tuzahrah, F., Rasiman, Z. & Ijuddin, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(10), 1-8

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38.

Wena, M. (2011). strategi pembelajaran inovatif kontempotrer.Jakarta: Bumi Aksara

Wihaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realiastik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zein, M. dan Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

Flag Counter