Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru

Kiky Rizki Rahmayanti, H. Hasanuddin, Zulkifli Nelson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh  pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah  dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Asnawati, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Jurnal Euclid , 3(2), 561-567.

Astuti Puji Siwi. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika”. Jakarta : Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 5.

Bano, E. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Metakognitif Berbantuan Autograph. Symmet: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 149-159.

Cai, J., Jakacsin, M.S., & Lane, S. (1996). Assessing students’ mathematical communication. School Science and Mathematics, 96(5), 238-246.

Choridah Tresnawati Dedeh. 2013. “Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.2.

Febrinal, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Contextual Teaching Learning di kelas VIII SMP 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 1(2), 181-192

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, N. 2002. Psikologi Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.

Ratnadewi, C.B., Murtiyasa, B, & Slamet HW. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Modeling The Way Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Tersedia dalam: http://n http://eprints.ums.ac.id/19659/28/naskahku.pdf.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran matematika. Diklat Instruktur Pengembangan matematika tidak diterbitkan. Departemen Pendidikan Nasional Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno B. Hamzah. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zainudin, T., Nissa, I.C., dan Agusfianuddin. (2017). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII MTs. Putra Narmada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pembelajaran Matematika, 5(1), 124-128




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter