Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Suci Indah Rahmawati Syasri, H. Hasanuddin, N. Noviarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja siswa LKS matematika dengan model pembelajran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VIII.3 dan objek penelitian adalah LKS matematika dengan model TTW. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisannya. Selain itu, pengujian menunjukkan bahwa LKS tersebut berhasil dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi. Oleh karena itu, LKS tersebut dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi, Banda Aceh: Pena

Hamzah, H. M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.

Fitriza, R. (2009). Penilaian Berbasis Kelas (Classroom Assesment) dalam Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

Idris, N. (2005). Pedagogi dalam Pendidikan Matematik. Kuala Lumpur: Utusan

Istarani dan Ridwan, M. (2014. 50 Model Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Permendiknas. (2006). Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas No. 22 tahun 2006). Kementerian Pendidikan Nasional.

Nopiyani, D. Turmudi, dan Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geo Gebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 45-52

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1),13-23

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumarmo, U. (n.d.). Kemampuan Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA-Universitas Pendidikan Indonesia

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA-UPI

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter