Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

A. Andriadi, Depi Fitraini, S. Suhandri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis active learningyang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis active learning. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. .Berdasarkan uji validitas,modul matematika berbasis active learningdinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 75,15%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis active learning dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 71,61%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 84,77%yang termasuk pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Cahyo, N. A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Hamzah, A., dan Muhlisraini, (2014).Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Rajawali Pers.

Fauziyah, I.N.L., Usodo, B. & Ekana Ch., H. (2013). Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X dalam Memecahankan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1

Majid, A.,(2009). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E.,(2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pribadi, B.A.,(2010). Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat.

Suryosubroto.(2009). Proses Belajar Mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W.,(2006).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Warsono.(2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet,Y. (2008). Pengantar Penelitian Kuantitatif, Surakarta: UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

Flag Counter