Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar

Seswira Yunita, Lies Andriani, Ade Irma

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengatasi permaslahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest Only Design dan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kampar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP IT Al-Ihsan Boarding School sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran model group investigation (GI), dan VIII 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan anova dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian tersebut  memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Akan tetapi jika ditinjau dari motivasi belajar, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006) Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hendriana, H dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika, Bandung: PT. Refika Aditama.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhandaz, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Kota Padang, Suska Journal of Mathematics Education. Vol.1, No.1.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.

Ruseffendi, E. E. (2003). Pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Transito.

Sharan, dkk. (1984). Cooperative Learning in the Classroom: Research in Desegregated Schools. Hilsdale, NJ: Erlbaum.

Suci, A. A. W. dan Rosyidi, A. H. (2012) “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok”, Jurnal FMIPA Unesa. Vol.1, No.2.

Sumarno, U. (2006b). “Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik” Paper Presented at Seminar of Mathematic Education in Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Science, State University of Yogyakarta. Makalah dimuat dalam Suryadi, D, Turmudi, Nurlaelah, E. (Editor). Kumpulan Makalah Proses Berpikir dan Disposisi Matematik dan Pembelajarannya. 2014. Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UPI.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring: Journal for Research in Mathematics Learning

Mathematics Education

Faculty of Education dan Teacher Training

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

 

Flag Counter