Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan

Adi Satrio Ardiansyah, Novita Triska Pratama

Abstract


Sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan proses pembelajaran yang membosankan sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan pendekatan etnomatematika yang diimplementasikan dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika melalui objek wisata Bledug Kuwu pada materi barisan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model modifikasi pengembangan 4D dengan menggunakan tiga tahap saja, yaitu: 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perancangan (design), dan 3) tahap pengembangan (develop). Hasil pengembangan bahan ajar ini divalidasi oleh seorang ahli dan dua praktisi untuk peninjauan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Uji coba pengembangan produk ditujukan kepada tiga siswa kelas XI sebagai sasaran pengguna bahan ajar dan lima mahasiswa sesuai kriteria sebagai pengamat atas keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor akhir atas kelayakan bahan ajar dari ahli sebesar 94,09% dan dari para praktisi sebesar 86,59% artinya bahan ajar yang dikembangkan termasuk kriteria sangat layak. Skor rata-rata keterbacaan bahan ajar dari para pengamat sebesar 91%, termausk kriteria tinggi, dengan kata lain bahan ajar mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian ini juga menunjukkan skor rata-rata tanggapan siswa sebagai sasaran pengguna bahan ajar tergolong tinggi sebesar 93,33%. Dengan demikian, produk ini dinyatakan sebagai bahan ajar yang sangat layak untuk diimplementasikan di kelas. Perlu dilakukan uji efektivitas untuk melihat keberhasilan penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar atau kemampuan matematika siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of Sundanese. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16.

Ardiansyah, A. S., Ferianto, A. N., & Dinasari, A. (2021). Readability test for basic mathematics textbook integrated challenge based on blended learning to develop skills in the industrial revolution era. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i1.44322

Ardiansyah, A. S., Sari, S. N., & Hamidah, F. S. (2021). Uji kelayakan buku ajar matematika dasar terintegrasi challenge based on blanded learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Soulmath, 9(1), 89–100.

D’Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of ethnomathematics. In current and future perspectives of ethnomathematics as a program. Hamburg: Springer.

Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika tenun Timor pada materi pola bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64–79. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022

Fajri, K., & Taufiqurrahman. (2017). Pengembangan buku ajar menggunakan model 4D dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam. JPII, 2(1), 1-15.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: aplikasi bangun datar segi empat pada candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.

Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., & Manuharawati. (2019). From culture to classroom : study ethnomathematics in house of using Banyuwangi. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(2), 76–80. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i2.60

Hasanuddin. (2017). Etnomatematika melayu: pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136–149.

Jannah, H. N. (2019). Etnomatematika : batik khas Kediri sebagai media pembelajaran matematika barisan dan deret aritmetika. Semdikjar 3, 440–446.

Kofi, M. D., & Mamoh, O. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Miomaffo menggunakan pendekatan etnomatematika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13.

Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110.

Maemali, P., Prayitno, A., & Widayanti, F. D. (2020). Etnomatematika pada budaya masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 48–58.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Nasiruddin, F. A. Z., & Silalong, E. S. (2021). Eksplorasi etnomatematika terhadap pola barisan dan deret aritmatika pada motif kandaure di Toraja. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), 150–156.

National Science Foundation. (2013). Ethnomathematics curriculum textbook. University of Hawai.

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117. Pekanbaru: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: ethnomathematics on the batik patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suci, N. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada matei segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 645–656.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2014). Ethnomatematics (teori dan implementasinya: suatu pengantar). Yogyakarta: UAD Press.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics : exploration in Javanese culture. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan etnomatematika dalam permainan tradisional anak di wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Conference on University-Community Engagement, 2–5.

Sapta, A. (2016). Pengaruh penggunaan quiz creator terhadap hasil belajar matematika siswa. Matematics Paedagogic, I(1), 91–97.

Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2017). Assesment pemebalajaran matematika. Malang: Yayasan Edelweis.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunandar, M. A. (2016). Pembelajaran matematika SMK bernuansa etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 95–105. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryawan, I. P. P., & Sariyasa. (2018). Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. IOP Conf. Series: Journal of Physics. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012033

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151–157.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter