Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Sebuah Studi Pengembangan)

Rini Dian Anggraini, Nahor Murani Hutapea, Aisyah Amalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika (berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa terkait materi sistem persamaan linier tiga variabel) berbasis problem based learning yang valid juga praktis. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Rokan IV Koto pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui teknik kuisioner lembar angket validitas dan angket praktikalitas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentase rata-rata. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh bahwa skor rata-rata validitas silabus adalah 3,67, skor rata-rata validitas RPP adalah 3,81, dan skor hasil rata-rata validitas LAS adalah 3,79, sehingga perangkat pembelajaran matematika yang telah dikembangkan dikategorikan sangat valid. Persentase rata-rata kepraktisan LAS adalah 89,63% dengan kategori sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Kadir, & Sahidin, L. (2016). Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) di SMP N Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3048

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Anggreini, E., Zulkarnain, Z., & Ariawan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 35–40.

Anwar, Z., & Ruslan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104.

AP, D. C., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., Lede, M., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–42.

Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 269–277.

Badrulaini, B., Zulkarnain, Z., & Kartini, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 343–356.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), 47–56.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Madrasah Tsanawiyah. BSNP.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kuswanti, Y., Sudirman, S., & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 865–872.

Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Tools with The Discovery Learning Model to Improve The Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92.

Rahmah, A. N., Zulkarnain, Z., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 125–138.

Rianti, R., Saragih, S., & Zulkarnain, Z. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Educational Sciences, 4(1), 73–82.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Syamsir, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaraan Matematika Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VII MTsN 1 Makassar (PhD Thesis). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Media Group.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.

Yuniarti, T., Riyadi, R., & Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah (Problem based Learning) dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Segitiga Kelas VII SMP se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).

Zahira, H., Zulkarnain, Z., & Yuanita, P. (2020). Development of a Problem Based Learning Media to Build Mathematical Communication Capabilities Students of Class VIII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(3), 487–500.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.13919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter