Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Abdul Latif, Elfis Suanto, Titi Solfitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengemabngkan perangkat pembelajaran untuk materi SPLDV. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah silabus, RPP dan lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 8 orang peserta didik kelas VIII MTs Nurul Mukhsinin Rupat Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini dikategorikan valid dan praktisPenelitian ini terbatas pada uji kevalidan dan kepraktisan produk, oleh sebab itu perlu pengujian lebih lanjut untuk melihat keefektivan penggunaan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TPS ini.  

Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99–110. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Anggraini, D., Testiana, G., & Wardani, A. K. (2020). Pembelajaran matematika materi SPLDV menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 119–128. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9124

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16

Daulay, L. A., Asnawi, A., & Letisa, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 129–134. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9648

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325

Hi.Idris, F., Hamid, I., & Ardiana. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 92–98.

Karuniakhalida, P., Maimunah, M., & Murni, A. (2019). Development of ICT-Based Mathematical Media on Linear Program Materials to Improve Motivation Learning Students. Journal of Educational Sciences, 3(2), 195. https://doi.org/10.31258/jes.3.2.p.195-204

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46.

Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solopada kelas X SMA negeri 1 plus di kabupaten nabire papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945.

Noah, S. M., & Ahmad, J. (2008). Pembinaan Modul: Bagaimana Membina Modul Latihan dan Modul Akademik. Selangor Darul Ehsan: Universiti Putra Malaysia.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Puspendik Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Retrieved February 1, 2021, from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan website: https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–9.

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran soal cerita pada operasi hitung campuran di SD. In Modul Matematika SD Program Bermutu. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK) Kementerian Pendidikan Nasional.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Siregar, A. P., Risnawati, & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis modelgenerative learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4758

Wulansari, A. M. D. A., & Arcana, P. I. N. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe think pair share ( TPS ) berbantuan modul baris kolom untuk persamaan garis di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 120–128. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2302/1265

Zulfah, Z. (2017). Analisis kesalahan peserta didik pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter