Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berkonteks Budaya Melayu Riau pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP/MTs

Ade Suci Ramadhani, Syarifah Nur Siregar, Sehatta Saragih

Abstract


Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berupa soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berkonteks budaya Melayu Riau berbentuk uraian pada materi segiempat dan segitiga kelas VII yang valid, reliabel dan memiliki taraf kesukaran serta daya pembeda yang baik.  Model pengembangan pada penelitian ini adalah development studies yang terdiri dati tahap pleminary dan formative evaluation. Tahap formatif evaluation mengadopsi tahapan oleh Tessmer yang terdiri dari kegiatan expert review, one-to-one, small group dan field test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikn setiap pengolahan data yang terkumpul. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket atau kuesioner respon siswa/i dan tes soal HOTS berkonteks budaya Melayu Riau. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah 33 siswa/i/i kelas VII SMPN 4 Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dengan memvalidasi soal HOTS berkonteks budaya Melayu Riau kepada tiga orang validator dan uji coba soal HOTS kepada subjek penelitian pada tahap field test. Hasil penelitian memperlihatkan skor rata-rata validator soal HOTS berkonteks budaya Melayu Riau untuk aspek isi, konstruksi dan bahasa adalah 80,55%, untuk validitas butir soal diperoleh 20 soal valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,94 pada kategori sangat tinggi, sedangkan taraf kesukaran diperoleh 4 soal dengan taraf kesukaran sedang dan 6 soal dengan taraf kesukran sukar, dan daya pembeda dengan 9 soal pada kategori cukup dan 11 soal pada kategori baik

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2019). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Indonesia.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Azmi, M. P. (2019). Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 099. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7490

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2(1Jurnal Gantang), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Depdikbud. (2014). Permendikbud No 58 Tahun 2014: Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. BNSP.

Depdikbud. (2018). Permendikbud No 35 Tahun 2018: Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. BNSP.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395–412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Kemendikbud. (2017). Panduan: Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kemendikbud, Panduan oleh Pendidika dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, 188.

Martina. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Teorema Phytagoras Kelas VII SMP Citra Samata Kab. Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika-Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Meranti. (2015). Psikologi Anak Hiperaktif. Familia Pustaka Keluarga.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika, 3(3), 543¯ 556.

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., & Kurniati, A. (2018). Aplikasi Refleksi dalam Motif Tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UIR. 29-30 Agustus 2018.

Rudhito, M. A., & Prasety, D. A. B. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Timss Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Smp Kelas Vii Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8370

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Raja Grafindo Persada.

Sahrida Nasution, R., Muhammad Amin Fauzi, Kms., & Syahputra, E. (2019). Developing Mathematics Problem Based on PISA Level of Space and Shape Content to Measure Student’s Mathematics Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 7(10), 660–669. https://doi.org/10.12691/education-7-10-1

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Penilaian Berorentasi Higher Order Thinking Skills. Direkorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter