Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Irma Fitri, Arpina Aprilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran MEA. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89,40% dan soal penilaian hasil belajar juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 90,42%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 89,80%, sedangkan uji praktikalitas untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi SPLDV di kelas.

References


Aisyah, Rossy Nur. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Means-Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Process Log untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis.” Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Harto, Teddi. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Desa Sebetin.” e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2(1):1–2.

Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Murtikusuma, Randi Pratama. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret.” Jurnal Pendidikan Matematika 17(2):20.

NCTM. 2000. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Noviarni. 2014. Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.

Sayogi, Camelia Iveny. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Model MEA (Means-Ends Analysis) Berbasis Scientific Approach Pokok Bahasan Peluang untuk SMA Kelas X.” Artikel Ilmiah Mahasiswa 1–4.

Tanjung, Henra Saputra, dan Siti Aminah Nababan. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh.” Genta Mulia 9(2):59.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.12904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter