Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SMP/MTs dan SMA/MA

M Fikri Hamdani, Nanang Priatna

Abstract


Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar yang disebut Kamus Matematika. Kamus Matematika merupakan  suatu media pembelajaran berbasis android untuk siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Adapun hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran berbasis android yang dapat memfasilitasi kemampuan siswa khususnya pada bahasa simbol. Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis android yang valid dan praktis digunakan oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah MTsN 3 Kampar yang terdiri dari i3 isiswa ikelas iVII, i3 isiswa ikelas iVIII, i3 isiswa ikelas iIX dan siswa MAN 2 Kampar yang terdiri dari 3 siswa kelas X, 3 Siswa kelas XI, serta 3 siswa kelas XII . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes dengan instrumen berupa angket validasi dan angket praktikalitas. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data hasil review pakar. Kemudian  menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendiskripsikan hasil uji angket validaditas dan angket praktikalitas. Hasil penelitian ini aplikasi Kamus Matematika yang valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43–52.

O’Malley, C., dkk. (2003). Guidelines For Learning/Teaching/Tutoring in a Mobile Environtment. http://www.mobilearn.org/download/results/guidelines.pdf

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. (2016). Kemendikbud.

PISA. (2018). Programme for International Student Assasement (PISA) Result From PISA. OECD Publishing.

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), Article 3.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), Article 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter