Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru

Syifa Yasmin, Arnida Sari, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model Quantum Teaching berdasarkan Self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan angket Self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Self-efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Deporter, B. (2010). Quantum Teaching. Mizan.

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) DI SMP Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115–128.

Fatimah, A., Rahman, U., & Prasasti, A. I. (2018). Memahami Konsep Matematika dengan Quantum Learning dan Quantum Teaching. PUSAKA, 6(2), 211–218.

Hakasinawati, H., Widada, W., & Hanifah, H. (2017). Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas Di Man I Kota Bengkulu). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2016). Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.

Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. https://www.semanticscholar.org/paper/PEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIS-DAN-MODEL-PEMBELAJARAN-Murizal/cbf65c1b2672a916942a577900810ed609c1944c

Murlia, M., Rosdiana, R., Thalhah, S. Z., & Munawarah, M. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 142–150.

Naim, N. (2016). Menjadi Guru Inspiratif. Pustaka Pelajar.

Ormrod, J. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (6 ed.). Erlangga.

Purwanto, M. N. (1994). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya.

Rahmi, R., Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 27–34.

Riduwan. (2014). Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Sari, R., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 127–136.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survai. LP3S.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter