Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada Materi Matriks untuk Siswa SMA

Vany Rova Febriannie, Annisah Kurniati

Abstract


Dalam rangka untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika  yang memenuhi kriteria valid, maka dilakukan penelitian berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks untuk siswa SMA. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Jenis penelian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke sekolah akibat covid-19, maka prosedur penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development). Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang memperoleh kategori kelayakan sangat valid dengan  persentase validitas sebesar 91,19%. Hasil persentase validitas dapat dirinci sebagai berikut: (1) validitas silabus yaitu 92,85%, (2) validitas RPP yaitu 86,83%, (3) validitas LKS yaitu 90,64%, dan (4) validitas tes PHB yaitu 94,44%, sehingga dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan ke tahap praktikalitas dan efektifitas.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Cahyani, U. A. E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Materi Prisma dan Limas untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester II (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006. Kementrian Pendidikan Nasional.

Kurniawan, I., & Rusimamto, P. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Student Facilitator and Explaining pada Standar Kompetensi Menjelaskan Dasar-dasar Sinyal Radio di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 75–82.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Muhibin, A., & Fathoni, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa pada Siswa Kelas VII. Varia Pendidikan, 25(22), 144.

Mulyatiningsih. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diambil dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf

OECD. (2018). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran (Vol. 35). Jakarta: Dian Rakyat.

Siregar, A. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Model Generatif Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Setiawan, T. B., & Trapsilasiwi, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Student Facilitator and Explaining Setting Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Pokok Bahasan Prisma dan Limas Kelas VII Semester Genap. Jurnal Pancaran, 3(2), 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.11966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter