Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Asri Darayuli Nayan, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi program linear. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Pekanbaru pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 10 Pekanbaru yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear berupa 5 butir soal berbentuk uraian, angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi pada indikator menyatakan situasi matematika atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, sedangkan pada indikator lain tergolong kategori sedang. Subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang pada setiap indikator. Subjek dengan gaya belajar read/write memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi pada indikator memberi penjelasan terhadap model matematika, sedangkan pada indikator lain tergolong kategori sedang. Serta subjek dengan gaya belajar kinestetis memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang pada setiap indikator.

Kata Kunci:  Analisis Deskriptif, , Gaya Belajar VARK (Visual, Auditorial, Read/write, dan Kinestetis), Kemampuan Komunikasi Matematis.



Full Text:

PDF

References


Amir, Z. & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Astuti, I. B., dkk. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Belajar Visual pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Danaryanti, A. & Noviani, H. (2015). “Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP”. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2002). Quantum Teaching, terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Laksananti, P. M., dkk. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma Vol. 8, No. 1.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama.

Rose, C. & Nicholl, M. J. (2006). Accelerated Learning for the 21st Century, terj. Dedy Ahimsa. Bandung: Penerbit Nuansa

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5, No. 2.

Sriwahyuni, T., dkk (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Vol. 3, No. 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahyuni, S. (2013). Metodologi Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya), Madura: UTM Press.

Wijayanto, A. D., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1.

Wulandari, S., dkk. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada SMA Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 3, No. 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.11803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter