Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII A SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Christina Monika Samosir, Titi Solfitri, Armis Armis

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas  SMP PGRI Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari empat tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS), sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes KPMM. Data dari lembar pengamatan dan data dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Data dari lembar observasi  menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengalami perbaikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai KPMM siswa pada siklus I sebesar 66.78 meningkat menjadi 84.64 pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas  SMP PGRI Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF

References


Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

BSNP. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Kemendikbud. Jakarta. Kemendikbud.

Fitriani, I. (2018). Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 841–846. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V2i4.31

Gunantara, G., Drs. I Made Suarjana, M. P., & Putu Nanci Riastini, S. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.2058

Kartika, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Calon Guru Di Kabupaten Karawang Melalui Pendekatan Open-Ended. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 198–204. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V6i2.863

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Seminar Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, Dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. Http://Www.Uny.Ac.Id

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurdin, Syarifuddin, & Adrianto. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Suyadi. (2013). Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Kencana Preanada Media Grup.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31186/Jpmr.V2i2.3696

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter