Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah

Ahmad Zakiamani, Zulkarnain Zulkarnain, Maimunah Maimunah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan acuan kurikulum 2013 serta kurangnya pemahaman guru dalam memilih model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing yang memenuhi syarat valid dan praktis dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD serta instrumen soal pretes dan postes), dan angket respon peserta didik untuk instrumen kepraktisan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing yang valid (silabus sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid, RPP sebesar 3,84 dengan kategori sangat valid, LKPD sebesar 3,69 dengan kategori valid, instrumen soal pretest sebesar 3,78 dan soal posttest 3,81 dengan kategori valid). Selain itu, perangkat pembelajaran ini memenuhi syarat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan rata-rata hasil angket respon peserta didik mencapai 78,17% berada pada kategori praktis. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi syarat valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aan Putra, H. S. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 6(1), 3949. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Anike Putri, Yenita Roza, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 7(1), 33–44.

Aprida Pane, M. D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Sps Upi, Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan SMA.

Dian Kristanti, S. J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU, 4(1), 38–50.

Elsa Desmaniati, R. F. (2019). PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PADANG. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12.

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, U. S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

I. Junaedi, M. A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Humanistik untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(2), 114–120.

Kiki Fauziah, I Nengah Parta, S. R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganTeori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721–1729. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6735

Kiong, T. T., Yunos, J. B. M., Mohammad, B. Bin, Othman, W. B., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. B. (2012). The Development and Evaluation of the Qualities of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(1988), 188–196. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.264

Lina Afriyani, Zulkarnain, H. N. (2015). The Development of Mathematic ’ s Learning Tools of VIII Grade Based on Curriculum 2013 on The Quadratic Equation Subject. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences, 978–979.

Linda Rahman, Depi Fitraini, I. F. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 001–010. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467

Muhammad Khalifah Mustami, M. I. (2015a). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 18(2), 236–247. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a8

Muhammad Khalifah Mustami, M. I. (2015b). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. , Lentera Pendidikan, 18(2), 236–247.

Musa Thahir, Yenita Roza, A. M. (2018). Validity of Learning Website of Kapita Selekta Mathematics Course at UIN Suska Riau Students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 19–25. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.667

N Dewara, M. A. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. EduKimia Journal, 1(2), 16–22.

Nienke Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer, Dordrecht.

Nu’man, S. dan M. (2012). Pengembangan Bahan Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Komputer untuk Memperkuat Konsepsi Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(2), 200–216. https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1557

Nur Atika, Yenita Roza, A. M. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal Of Educational sciences, 4(2), 368–379.

Puji Rahayu, K. (2018). VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 126–133.

Resmi Rianti, Sehatta Saragih, Z. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal Of Educational Sciences, 7(1), 33–44.

Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148–154. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486

Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES.

Ruslan Saputra, Irham Falahudin, G. T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(249–268).

Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Siti Mawaddah, R. M. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Suci Frisnoiry, D. Armanto, Sumarno. (2014). Pengembangan perangkat Pembelajaran melalui Pendekatan Matematika Realistic. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 7(1), 47–58.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.

Tjeerd Plomp, N. N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of The Seminar Conducted at The East China Normal University, 1–26.

Wahyu Hartono, M. S. N. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616

Yuni Kartika, Nahor Murani Hutapea, K. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.124-132

Zaini, A. (2015). Pengembangan Perangkat IPA Biologi Berorientasi Hutan Mangrove untuk Siswa SMP. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS, 134–141.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter