Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aan Putra, H. S. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 6(1), 3949. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327
Anike Putri, Yenita Roza, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 7(1), 33–44.
Aprida Pane, M. D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Sps Upi, Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan SMA.
Dian Kristanti, S. J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU, 4(1), 38–50.
Elsa Desmaniati, R. F. (2019). PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PADANG. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12.
Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, U. S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
I. Junaedi, M. A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Humanistik untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(2), 114–120.
Kiki Fauziah, I Nengah Parta, S. R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganTeori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721–1729. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6735
Kiong, T. T., Yunos, J. B. M., Mohammad, B. Bin, Othman, W. B., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. B. (2012). The Development and Evaluation of the Qualities of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(1988), 188–196. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.264
Lina Afriyani, Zulkarnain, H. N. (2015). The Development of Mathematic ’ s Learning Tools of VIII Grade Based on Curriculum 2013 on The Quadratic Equation Subject. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences, 978–979.
Linda Rahman, Depi Fitraini, I. F. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 001–010. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467
Muhammad Khalifah Mustami, M. I. (2015a). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 18(2), 236–247. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a8
Muhammad Khalifah Mustami, M. I. (2015b). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. , Lentera Pendidikan, 18(2), 236–247.
Musa Thahir, Yenita Roza, A. M. (2018). Validity of Learning Website of Kapita Selekta Mathematics Course at UIN Suska Riau Students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 19–25. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.667
N Dewara, M. A. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. EduKimia Journal, 1(2), 16–22.
Nienke Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer, Dordrecht.
Nu’man, S. dan M. (2012). Pengembangan Bahan Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Komputer untuk Memperkuat Konsepsi Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(2), 200–216. https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1557
Nur Atika, Yenita Roza, A. M. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal Of Educational sciences, 4(2), 368–379.
Puji Rahayu, K. (2018). VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 126–133.
Resmi Rianti, Sehatta Saragih, Z. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal Of Educational Sciences, 7(1), 33–44.
Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148–154. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486
Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES.
Ruslan Saputra, Irham Falahudin, G. T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(249–268).
Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Siti Mawaddah, R. M. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Suci Frisnoiry, D. Armanto, Sumarno. (2014). Pengembangan perangkat Pembelajaran melalui Pendekatan Matematika Realistic. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 7(1), 47–58.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.
Tjeerd Plomp, N. N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of The Seminar Conducted at The East China Normal University, 1–26.
Wahyu Hartono, M. S. N. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616
Yuni Kartika, Nahor Murani Hutapea, K. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.124-132
Zaini, A. (2015). Pengembangan Perangkat IPA Biologi Berorientasi Hutan Mangrove untuk Siswa SMP. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS, 134–141.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: