Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Jannatul Aulia, Niki Dian Permana P, Zarkasih Zarkasih, Theresia Lidya Nova

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan studi analisis tentang pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantuan media komik terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Meta-analisis  merupakan hasil analisis dari artikel-artikel dari jurnal nasional yang sudah terakreditasi pada sinta 1 hingga sinta 4 yang memiliki topik kajian berkaitan dengan pendekatan saintifik dan media komik dalam pembelajaran IPA sebanyak 15 artikel jurnal. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir ilmiah, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan efektif meningkatkan literasi sains siswa.


Full Text:

PDF

References


Adib Rifqi Setiawan. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 02(02), 83–94.

Aprilia, Linda.,& Sri Mulyaningsih. (2014). Penerapan Perangkat Materi Kalor Melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,2 (2),1-5.

Devy Indah Lestari, & Anti Kolonial Projosantoso. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016, 145 - 155

Fatimah, F., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengaran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 146–153.

Hengkang Bara Saputro, S. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(3), 61–72.

Johari, Marjan. (2014).Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan proses sains siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

Lailatul Aslamiyah, dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika berbasis Integritas Interkoneksi Nilai-nilai Alquran. Unnes Physics Education Journal. 6(3),45-52.

Nelah Roswati, dkk.(2019). The Development of Science Comic in Human Digestive System Topic for Junior High School Students. Journal of Science Learning. 3(1).12-18.

Niswatul Khoiriyah.(2019). Development comics Physics Education With STEM for Simulating Straight Line Motiom Concept Mastery in Junior Hight School Students. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(2), 77-85.

Permatasari, Eka Aprilia. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education.3(1), 11-16.

Purnama,Unty Bany.,dkk. (2015). Penggunaan Media Komik Digital Dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. TEKNODIKA. 13 (2),18-28.

Roby Zulkarnain.(2018). Pengembangan Komik Pembelajaran pada Materi Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Utama 2 Tarakan dan SDN 17 Tarakan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1A.

Rudyanto, H. E. (2014).Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, 4(31), 41–48.

Sukini.(2019). Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 105-121.

Suparmi.(2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 62-68.

Triandini, E.,dkk. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS). vol 1(2).63-77.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2), 102-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

CP: 081371832911-085365094688

Indexed by:


   Flag Counter 

Visitors Statistics

Creative Commons License
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.