Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam

Novi Indri Ani, Lazulva Lazulva

Abstract


Pemanfaatan teknologi dan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih kurang bervariasi sehingga dibutuhkan suatu media LKPD interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain media LKPD interaktif berbantuan software Ispring Suite 8 dengan pendekatan Scaffolding pada materi hidrolisis garam yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk,  uji lapangan awal, revisi produk. Uji lapangan awal dilakukan di SMA Negeri 1 Pekanbaru terhadap peserta didik kelas XII IPA. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 88,75% dengan kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 90,45% dengan kategori sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Abdurrohim, T. F. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. JPPK, 2(3), 197-212`.

Alfa, DP. (2017). Pengembangan LKPD Interaktif Kimia untuk Pembelajaran Struktur Atom di Kelas X SMA, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 88-96.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.

Andi, P. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Press.

Aries, HS. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Buadin, H. (2015). Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika, Jurnal Apotema, 1(1), 88-96

Departemen Agama RI. (2007). Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: Insan Media Pustaka

Dinar, F. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Berbasis Android, Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 303-307.

Emzir. (2014). Meodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif&Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Faiqotul, H. dan Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif menggunakan Ispring Suite 8 pada Sub Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Unesa, 5(2), 73-82.

Faizah, MN., Abdul, G. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 1310-1316.

I Gusti, AD. (2015). Integritas sebagai Pemoderasi Pengaruh Pengalaman Auditor pada Kualitas Audit, Jurnal Akutansi, 11(10), 15

Kurnia, RP., Heribertus, S. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA, Universitas Sebelas Maret, Jurnal Geo Eco, 2(2), 147-154.

Muhammad, R. (2015). Media Pembelajaran dalam Prespektif Al-Quran dan Hadist, Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 130-154.

Nicke, S., Irwan, dan Meira. (2015) Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika,3(3), 17-21.

Nunu, M. (2014). Media dan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yogyakarta: Aswaja Persindo.

Pandu, JS. (2015). Implementasi Kurikulum 2013, Moodle dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA, Jurnal Fisika Indonesia, 12(23), 54-58.

Permana, N. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 11-41.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesio.nalisme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta

Sandy, S. (2016). Desain Handout Multimedia menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 2(1), 89-96.

Slamet, W. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 189-204.

Viandhika, S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hirdolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (2), 23-31.

Wagino, Nur, A. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Perangkat Lunak Ispring Presenter di SMAN 4 Banjarmasin, Jurnal Al-Ikhlas, 1(1), 19-22.

Yenni, K. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan Kimia, Pekanbaru: Kreasi Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.