Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri

Andi Suhardi, Laily Yunita Susanti, Susilawati Susilawati

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan mind map terhadap pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri atas 80 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan mind map sebesar 85,50 lebih besar daripada nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan ceramah dengan nilai 80,35. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan media mind map lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan ceramah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan metode ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdolihi, M., Jvadnia, F., Bayat, D., Ghorbani, R., Ghanbari, A., Ghodosi, B. (2010). Mind Map Teaching Gross Anatomi is Sex Dependent. International Journal Mhorpology, 29(1), 41–44.

Brinkmann, A. (2003). Graphical Knowledge Display - Mind Mapping and Concept Mapping as Efficient Tools in Mathematics Education. Mathematics Education Review, 16, 35–48.

Budd, J. W. (2004). Mind Maps as Classroom Exercises. Journal of Economic Education, 35(1), 35–46.

Buzan, T. (2005). The Ultimate Book of Mind Maps. London: Thorsons.

Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Daley, BJ., Torre, M. (2010). Concept Maps in Medical Education: an Analytical Literature Review. Medical Education, 44, 440–448.

Davies, M. (2010). Concept Mapping, Mind Mapping, Argument Mapping: What are the Differentces and Do the Matter? High Edu. Springer. https://doi.org/DOI.10.1007/s10734-010-9387-6

Farran, P., Hussain, F., Hannessy, E. (2002). The Efficacy of the “Mind Map‟ Study Technique. Medical Education, 36, 426–443.

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 9(1), 62-75.

Istiqomah. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri dan Upaya Mengatasinya dengan Pembelajaran Problem Solving Kontekstual. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Meier, P. (2007). Mind-Mapping: a Tool for Eliciting and Representing Knowledge Held by Diverse Informants. Sosial Research Update, University of Surrey, 52.

Olivia, F. (2009). Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Onwu, G.O.M., and Randall, E. (2006). Some Aspects of Students’ Understanding of a Representational Model of the Particulate Nature of Matter in Chemistry in Three Different Countries. Chemistry Education Research and Practice, 7(4), 226–239.

Rahayu, R., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 45–51.

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2.

Suwolo, T. . (2005). Identifikasi Kesalahan Konsep Ikatan Kovalen pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo dan Upaya Memperbaikinya dengan Menggunakan Model Molekul. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Syahrial, W. &. (2010). Analisis Kesalahan Konsep Ikatan Kimia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Banda Aceh.

Torre, M., Daley, B., Schweitzer, T., Sidharta, S., Petkova, J., Ziebert, M. (2007). A Qualitative Evaluation of Medical Student Learning with Concept Maps. Medicall Teacher, 29, 949–958.

Winarni, S. (2006). Koreksi Kesalahan Konsep Gaya Antarmolekul (Intermolecular force)dengan Strategi Konflik Kognitif pada Mahasiswa Kimia Universitas Islam. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yager, R.E. & Razali, S. . (1994). What College Chemistry Instructors and High School Chemistry Teachers Perceive as Important for Incoming College Students. Journal of Research in Science Teaching, 31(7), 735–747.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.