Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Materi Bioteknologi Menggunakan Program Autoplay

Primadya Anantyarta, Fatikhatun Nikmatus Sholihah

Abstract


Multimedia sebagai salah satu media sangat penting digunakan sebagai inventaris media dalam pembelajaran. Pengembangan multimedia dengan menggunakan program bernama Autoplay ini sangat membantu baik guru maupun dosen dalam mewadahi materi yang salah satunya adalah Bioteknologi. Metode dalam mengembangkan multimedia ini memiliki 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun dalam pengembangan dapat dilaksanakan terlebih dahulu sampai tahap ke 3. Pasca mengembangkan produk multimedia, validasi dilakukan oleh ahli materi bioteknologi dan ahli media pembelajaran pada multimedia tersebut untuk dianalisis dan diambil kesimpulan validitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang menghindari penggunaan kertas dalam penggunaannya dan sesuai era digital 4.0. Hasil validasi multimedia ini oleh ahli materi Bioteknologi mendapatkan nilai 75% dengan kriteria valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi pada validasi tahap pertama, serta mendapatkan nilai 90,62% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi pada validasi kedua. Hasil validasi media pembelajaran mendapatkan nilai 94,4% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.


Full Text:

PDF

References


A. Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Anantyarta, P., & Hariyanto. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Protista Kelas X Sma Ma ’ Arif Nu Pandaan. BIOMA, 3(1), 11–21. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/viewFile/1322/1065

Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017). Pengembangan Media Auto Play dengan Metode Means Ends Analysis ( MEA ) pada Matakuliah Genetika. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 532–538.

Andriani, T. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(No 1, Januari-Juni), 127–150. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/164486-ID-sistem-pembelajaran-berbasis-teknologi-i.pdf

Diana L. Owens &, W. W. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design: Computer-Based Training; Web-Based Training; Distance Broadcast Training; Performance-Based Solutions, Second Edition 2nd Edition (2nd Editio). Retrieved from https://www.amazon.com/Multimedia-based-Instructional-Design-Computer-Based-Performance-Based/dp/0787970697

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111

Hamzah, A. A., Syarief, A., & Mustikadara, I. S. (2013). Analisis Kualitatif Tampilan Visual Pada Situs E-Learning. ITB Journal of Visual Art and Design, 5(2), 176–194. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2013.5.2.6

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Mumpuni, K. E. (2013). Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter Dalam Pembelajaran Biologi Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, (10(2)), 1–7. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/3137/2177

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prasetyanto, P. K., & Sulistyawati, R. (2017). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN ANTIMONOTON BERBASIS VISUAL LEARNING STYLE DENGAN ECOBRA ( ED UCATIONAL COMIC BOOK WITH BRAIN CARD ). 175–183. Retrieved from http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/147

Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rosdiana, D., Suherman, A., & Darman, D. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Physics Laboratory (ViPhyLab) Dalam Praktikum Hukum Kirchhoff. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 11. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7906

Sri Wahyuni. (2006). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Problem-Based Learning. Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP-UT, (23), 1–10. Retrieved from file:///D:/Download/fmipa201146.pdf

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2014). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, (November), 593-607-Halaman 597. Retrieved from wuwuh@ut.ac.id

Sutarno, P. D., Sc, M., & Ph, D. (2016). REKAYASA GENETIK DAN PERKEMBANGAN BIOTEKNOLOGI DI BIDANG PETERNAKAN. 13(1), 23–27. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/175079-ID-rekayasa-genetik-dan-perkembangan-biotek.pdf

Wahyuni, Anggraini, S. R. (2016). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(03), 247–261.

Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 6–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal of Natural Science and Integration

P-ISSN 2620-4967 | E-ISSN 2620-5092

Published by:

Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alamat Redaksi:

Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

CP: 081371832911-085365094688

Indexed by:


   Flag Counter 

Visitors Statistics

Creative Commons License
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.