Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa
Abstract
Flipped Classroom merupakan model pembelajaran abad 21 yang memfasilitasi siswa mempelajari konten (belajar) di luar kelas atau di rumah secara mandiri, kemudian melakukan diskusi atau active learning di kelas. Education for Sustainable Development (ESD) merupakan suatu konteks atau isu-isu yang akan dijadikan masalah terkait model pembelajaran yang digunakan dan berkaitan dengan ESD yang dapat membangun Sustainability Awareness siswa. Penerapan Flipped Classroom dalam konteks ESD pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan membangun Sustainability Awareness siswa. Penelitian ini menggunakan desain The one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda, angket Sustainability Awareness, dan lembar observasi keterlaksanaan Flipped Classroom dalam konteks ESD. Instrumen diberikan kepada 29 siswa di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom dalam konteks ESD dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan membangun Sustainability Awareness setelah kegiatan pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aşiksoy, G. (2017). The effects of the gamified flipped classroom environment on students' motivation, learning achievements and perception in a physics course. Springer Science, DOI 10.1007/s11135-017-0597-1.
Atwa, Z., Din, R. & Hussin, M. (2016). Effectiveness of flipped learning in physics education on Palestinian high school student’s achievement. Journal of Personalized Learning, 2(1):73-85
Bell, M. R. (2015). An Investigation of the impact of Flipped Classroom Instructional Approach on High School Students' Content Knowledge and Attitudes toward the learning Environment. Retrieved from All Thesis and Dissertation: https//scholarsarchive.byu.edu/etd/4444
Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for Sustainable Development (ESD) and chemistry education. Chem.Educ.Res.Pract.,2012,13,59–68.
Hake, R.R. (1998). Interactive–engagement vs traditional methods: A six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics course, American Journal of Physics,66 ,64-74
Hake, R.R. (1998). Analyzing Change/Gain score. Dept. of physics, Indiana University.
Hasan, A. Ariffin, T. Sulaiman, S, The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students”, Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 1276 1280, 2010.
Hutagalung, Inge. (2007). Pengembangan kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta :Indeks
Indrati, D. A., & Hariadi, P. P. ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI.
Irma Suryani, R. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis. Journal of Natural Science and Integration, 173-180.
Kelompok kerja LSM untuk PPB Indonesia. (2014). Perjalanan Education for Sustainable Development di Indonesia dalam Perspektif LSM (Menyongsong akhir Decade of ESD (2005 – 2014)). Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional. Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ ESD) melalui Kegiatan Intrakulikuler”, Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang Kemdiknas, Jakarta, 2010.
Kemendikbud. (2003). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
K.F. Hew, W. &. (2018). Applying “First Principles of Instruction” as a design theory of the flipped classroom: Findings from a collective study of four secondary school subjects. Computers & Education, doi 10.1016/j.compedu.2017.12.003.
K.Hew, K. C. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education Possible solutions and recommendations for future research . Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1).
Kholia Urwati, N. E. (2019). Pengaruk Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X MA Darul Muharijin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 203-215.
Korsum, I.(2017). The Formation of Learners Motivation to Study Physics in Terms of Sustainable Development of Education in Ukraine. Journal of Teacher Education for Sustainability, vol. 19, no. 1, pp. 117-128.
Latifah,Iif., Nugraha, M.G., Wijaya, Agus F.C. (2018). Integrasi ESD (Education Sustainable Development) dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP .Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI). Bandung.
Listiawati.nur.(2011).Relevansi Nilai-Nilai ESD dan Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikannya di Sekolah. Jurrnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 17/Nomor 2,Maret 2011.h.139-140
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 430-450
Nurpianti, S., Suwarna,I.R., Jauhari, A. (2018). Kajian Implementasi Pendekatan Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika. ProsidingSeminar NasionalFisika(SINAFI).Bandung.
Nursadiah, Suyana,I.,Ramalis,T.R (2018). Profil Sustainability Awareness Siswa Melalui Integrasi ESD Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Energi di SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI). Bandung
Maolidah, Irna Septiani T. R. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kelas terbalik Pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. EDUTECHNOLOGIA, Tahun 3, Vol 3 No 2.
Özdamh, G. A. (2016). Flipped Classroom adapted to the ARCS Model of Motivation and applied to a Physics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technologi Education, 12(6) 1589-1603.
Statista. (2018). Retrieved from Facebook: Number of monthly active users worldwide 2008-2018": www.statista.com
Sukini. (2019). Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pendekatan saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai. Journal of Natural Science and Integration, 105-121.
Suprastowo, P. (2010). Kebijakan dan implementasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for sustainable development/ESD). jurnal penelitian kebijakan pendidikan.
UNESCO. (2009). Review of Contexts and Structures for Education for Sustainable Development [Online]. Avaible: http://www.unesco.org/education/justpublished desd2009.pdf. [Accessed 18 March 2019].
Tilbury, D. (2011). Education for Sustainable development: An expert review of processes and learning.Paris,France:UNESCO.Diunduhdari:https://www.researchgate.net/publication/255963640_Tilbury_D_2011_’Education_for_Sustainable_Development_An_Expert_Review_of_Processes_and_Learning’_Paris_UNESCO_Available_in_Spanish_French_and_EnglishED-2010WS46.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.8953
Refbacks
- There are currently no refbacks.