Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelad V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar

Desi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai Nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran round club dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran round club dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 50%. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran round club pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran round club dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.


Full Text:

PDF

References


Imas Kurniasih & Berlin Sani, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Kata Pena.

Mardia Hayati, 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Karakter, Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press.

____________, & Nurhasnawati, 2014. Desain Pembelajaran, Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatra.

Susilawati, 2013. Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyyah, Pekanbaru: Benteng Media.

Wahidin, 2006. Metode Pendidikan untuk Ilmu Pengetahuan Alam, Bandung: Sangga Buana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan Oleh:

Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

email:  jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id