SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN IMAM ABU HANIFAH

Lisdawati Lisdawati

Abstract


Dasar pemikiran bidang pendidikan terletak pada penintegrasian ilmu dan amal atau aspek intelektual dan spiritual dalam diri manusia. Dasar pemikiran Imam Abu Hanifah di pengaruhi oleh latar belakang kehidupannya berupa dorongan keluarga yang sangat kuat, keyakinan yang mendalam dan simpatik serta kekagumannya terhadap para sahabat/murid Nabi Muhammad SAW. Dan juga dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan sumber hukum yang ada. Sistem pendidikan Imam Abu Hanifah meliputi sistem asrama dan sistem umum, sistem majelis halaqoh dengan tatap muka langsung, interaksi guru dan murid bersifat edukatif, metode dan materi pengajaran yang sesuai, dan tujuan pengajaran yaitu membentuk manusia berkepribadian yang merdeka, berakhlak mulia dan beraqidah islamiah.

Keywords


Sistem; Pendidikan Islam; Pemikiran; Abu Hanifah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats