ANALISIS PERBAIKAN FAKTOR DAYA MOTOR INDUKSI TIGA PHASA DI LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO TEKNIK UNIVERSITAS LANCANG KUNING

Elvira Zondra, Arlenny Arlenny

Abstract


Pada umumnya motor yang digunakan untuk keperluan industri adalah motor-motor kecil yang memiliki efisiensinya tidak tinggi. Dengan efisiensi yang tidak tinggi menyebabkan kerugian pada rangkaian magnetisasi pada saat berbeban rendah. Untuk mengatasi rendahnya faktor daya, biasanya yang dilakukan adalah memasang kapasitor parallel dengan beban. Pemasangan kapasitor yang terlalu kecil tidak akan memberikan pengaruh yang berarti, sedangkan kapasitor yang terlalu besar akan berdampak naiknya tegangan kerja motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbaikan faktor daya motor induksi 3 phasa di Laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Dari hasil ini diharapkan akan diperoleh nilai yang sesuai dari kapasitor yang digunakan untuk perbaikan faktor daya motor induksi tersebut serta penurunan nilai daya semu yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengujian di laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknik dengan menggunakan motor induksi tiga fasa 7,5 kW, 10 HP, 1450 rpm, 380 V, 16,2 A. Penggunaan kapasitor 15 μF untuk perbaikan faktor daya pada motor induksi tiga phasa 10 HP pada laboratorium Teknik Elektro lebih baik dibanding yang lain. Hal ini karena perbaikan faktor daya meningkat secara stabil sebanding dengan penambahan beban, daya semu menurun dengan persentase terbesar (37,25%) dibanding penggunaan kapasitor 20 μF dan 30 μF.

Keywords


Motor Induksi tiga phasa, faktor daya, kapasitor

Full Text:

PDF

References


Brag S. Guru “Electric Machinery and transformers”, HBJ Harcourt Brace Jovanovich Publishers Technology publications, 1988.

David E Johnson, Electric Circuit Analysis” Prentice Hall Inc, 1992

M.V.Deshpande,”Electric Motor Aplications and Control” Wheeler,1990.

Paul C.Krause, Oleg Wasynczuk, Scott d.Sudhoff “Analysis Of Electric Machinery And Drive Systems”, A John Wiley & Sons, Inc. Publication, 2002

A.E.Fitzgerald, Charles Kingsley Jr, Stephen d.Umans, “Mesin-Mesin Listrik” edisi keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1990.

Joseph A Edminister, “Rangkaian Listrik Edisi kedua” Penerbit Erlangga, 1994.

Sapna Khanchi, ”Power Factor Improvement of Induction Motor by Using Capacitors”, International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT) Volume 4 Issue 7, July 2013.

Theodore Wildi, “Electrical Machines, Drives And Power System”, Prentice Hall International Edition, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v12i2.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php