PENERAPAN FUZZY LOGIC DALAM MENGANALISIS TINGKAT PENDAPATAN AKHIR KONSULTAN PRODUK MULTI LEVEL MARKETING (STUDI KASUS : PT. ORINDO ALAM AYU CABANG PEKANBARU)

Rahmaddeni Rahmaddeni

Abstract


Bisnis multi level marketing merupakan suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi produk yang dilakukan dengan berbagai tingkatan melalui suatu jaringan. Tingkatan yang dibahas dan dianalisa adalah tingkatan pendapatan akhir konsultan produk multi level marketing bermerek oriflame pada bulan Januari, Maret dan Juni pada tahun 2012 dan tahun 2013. Pada penelitian ini penulis menerapkan konsep fuzzy logic dalam menganalisa pendapatan akhir konsultan produk yang didasarkan pada rule yang diperoleh dengan variabel input dan output sebagai parameternya. Variabel input meliputi bonus point (bp) pribadi, bonus point (bp) group, leader club (lc), level dan rekrutmen serta variabel output berupa pendapatan akhir. Metode yang digunakan pada fuzzy logic ini adalah metode mamdani yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu fuzzifikasi, mesin inferensi dan defuzzifikasi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan software Matlab 7.10 yang memberikan hasil berupa nilai ketegasan. Hasil yang diberikan dalam pengujian menggambarkan besarnya pendapatan akhir seorang konsultan produk pada setiap bulannya yang didasarkan pada rule yang ada.

Keywords


Fuzzy Logic, Mamdani, Multi Level Marketing, Rule

Full Text:

PDF

References


Agus Naba, (2009), Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab, Andi Yogyakarta, Malang.

Ahmad Sabiq, (2008), Multi Level Marketing, Pustaka al Bayaty.

Ahmed Abou Elfetouh Saleh, Sherif Ebrahim Barakat and Ahmed Awad Ebrahim Awad, (2011), A Fuzzy Decision Support System for Management of Breast Cancer , IJACSA Vol.2 No.3, Egypt.

Animesh Kumar Sharma and Badri Vishal Padamwar, (2013), Fuzzy Logic Based Systems in Management and Bussiness Aplications.” International Journal of Innovative Research in Engineering &

Science Vol 1, Raipur.

Decky Irmawan dan Khamami Herusantoso, (2011), Penerapan Logika Fuzzy Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Prakiraan Cuaca, Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia,

Bandung.

Hellmann, (2000), Fuzzy Logic Introduction” France.

Mashadi, (2010), Aplikasi Logika Fuzzy dan Fuzzy Analisis dalam Berbagai Disiplin Ilmu dan Kehidupan, Pekanbaru.

Munadi, (2008), Aplikasi Logika Fuzzy Pada Pembuatan Penjejak Panas Satu Sumbu, ROTASI Vol.10 No.1, Semarang.

Rinaldi Munir, (2011), Sistem Inferensi Fuzzy, Teknik Informatika-STEI ITB, Bandung.

Sri Kusumadewi dan Hari Purnomo, (2010), Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutojo, Edy Mulyanto dan Vincent Suhartono, (2010), Kecerdasan Buatan, Andi Yogyakarta, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.747

Refbacks



Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php