Optimalisasi Rute Distribusi Produk Menggunakan Metode Traveling Salesman Problem

Karina Auliasari, Mariza Kertaningtyas, Diah Wilis Lestarining Basuki

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pendistribusian produk pada perusahaan ini adalah belum optimalnya rute pendistribusian produk sehingga seringkali terjadi perubahan rute dan penjadwalan ulang pengiriman produk. Hal ini terjadi karena pihak manajemen pemasaran belum mengaplikasikan suatu metode optimalisasi dan belum adanya dukunga terkomputerisasi untuk menghasilkan informasi yang mendukung dalam pengambilan keputusan rute distribusi. Tujuan diterapkannya metode traveling salesman problem (TSP) adalah memberikan pilihan solusi rute distribusi yang dapat meminimalisir keterlambatan pengiriman barang dan mengoptimalkan sarana transportasi, sumber daya manusia, waktu dan biaya yang dimiliki untuk mengirimkan produk. Berdasarkan hasil uji performa penerapan metode TSP menunjukkan bahwa menggunakan parameter jarak dan waktu tempuh maka dapat dihasilkan pilihan dua rute pengiriman yang berbeda. Pilihan dua rute yang dihasilkan dari komputerisasi menggunakan metode TSP dengan teknik branch and bound dilengkapi dengan penyajian pohon keputusan dari titik awal hingga titik tujuan yang pada akhirnya membentuk rute yang optimal.

Full Text:

PDF

References


Al Amin IH. “Artificial Intelegence dalam Proses Industri Manufaktur”. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Vol. 16 pp.98-104, Fakultas Tekologi Informasi, Universitas Stikubank. Semarang, 2009.

Berlianty I., Arifin M. “Teknik-Teknik Optimasi Heuristik”. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Bangun BJ Putra, Sisca O, Bran VP. “Penyelesaian Travelling Salesman Problem dengan Metode Branch and Bound”. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat pp. 399-408. Universitas Tanjung Pura, Pontianak, 2015.

Davendra D. “Travelling Salesman Problem Theory and Applications”. Intech, Kroasia, 2010.

Farida A. “Aplikasi Algoritma Genetika Multi Obyektif pada Travelling Salesman Problem”. Prosiding Seminar Nasional “Soft Computing Intellegent Systems and Information Technology”, 2005.

Fitriadi S. dan Salam N. “Penggunaan Metode Branch and Bound untuk Menyelesaikan Masalah Penugasan pada Kasus Penyusunan Jaringan Komunikasi”. Jurnal Matematika Murni dan Terapan, Vol. 4, No. 1, pp. 42-56, 2010.

Ghadle K.P., Muley Y.M. “Revised Ones Assignment Method for Solving Assignment Problem”, Journal of Statistics and Mathematics, Vol. 4, Issue 1, 2013.

Hadi B. “Ones Assignment Method for Solving Assignment Problems Applied Mathematical Sciences”, 6(47) 2345-2355, 2012.

Kendela H.F., Al-Ahmar M.A., Horbaty E.M. “A Hybrid Heuristic Algorithm for The Travelling Salesman Problem”. 2006.

Suyanto. “Algoritma Optimasi (Deterministik dan Probabilistik)”. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Richard W. “Branch and Bound Implementation for the Travelling Salesperson Problem”. Journal of Object Technology, Vol. 2, No. 2, 65 – 86, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v16i1.6109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php