Analisis Postur Kerja Karyawan Menggunakan Metode RULA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. N. Bintang dan S. K. Dewi, “Analisa postur kerja menggunakan metode OWAS dan RULA,” Jurnal Teknik Industri, no. 1, pp. 43-54, 2017.
R. S. Bridger, Introduction to Ergonomics, 2nd penyunt., New York: CRC Press, 2003.
M. S. Sanders dan E. J. McCormick, Human Factors in Engineering and Design, 6th penyunt., New York: McGraw-Hill, 1987.
Anies, Penyakit akibat kerja : berbagai penyakit akibat lingkungan kerja dan upaya penanggulangannya, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2005.
I. Z. Sutalaksana, R. Anggawisastra dan J. H. Tjakraatmadja, Teknik Perancangan Sistem Kerja, 2nd penyunt., Bandung: ITB Press, 2006.
F. Tayyari dan J. L. Smith, Occupational Ergonomics: Principles and applications, London: Chapman & Hall, 1997.
M. Imron, “Analisis tingkat ergonomi postur kerja karyawan di laboratorium KCP PT. Steelindo Wahana Perkasa dengan metode rapid upper limb assessment (RULA), rapid entire body assessment (REBA) dan ovako working posture analisys (OWAS),” JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), vol. 2, no. 2, pp. 147-153, 2020.
O. Amalia, “Analisis faktor risiko musculoskeletal disorders (MSD s) pada buruh informal (kuli panggul) pasar grosir blok F Tanah Abang Jakarta Pusat tahun 2010,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta., Jakarta, 2010.
K. h. E. Kroemer dan E. Grandjean, Fitting the Task to the Human, 5th penyunt., London, UK: Taylor & Francis, 2009, p. 1116..
E. Nurmianto, Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Surabaya: Guna Widya, 2008.
S. Wignjosoebroto dan P. Zaini, “Studi aplikasi Ergonomi Kognitif untuk Beban Kerja Mental Pilot dalam Pelaksanaan Prosedur Pengendalian Pesawat dengan Metode SWAT”,” Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja Jurusan Teknik Industri ITS, Surabaya, 2003.
D. B. Chaffin, G. B. J. Andersson dan B. J. Martin, Occupational Biomechanics, 4th penyunt., New York: John Wiley & Sons, Inc., 2006.
F. S. Handika dan S. Supriyadi, “Analisis Postur Kerja Operator dengan Metode Rula di Area Gas Cutting,” urnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, vol. 3, no. 2, pp. 73-77, 2017.
L. McAtamney dan E. N. Corlett, “RULA: a survey method for the investigation of work-related upper limb disorders,” Applied ergonomics, vol. 24, no. 2, pp. 91-99, 1993.
R. Lueder dan N. Corlett, “A proposed RULA for computer users,” dalam Proceedings of the ergonomics summer workshop, San Fransisco, 1996.
A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.55826/tmit.v1ii.6.
S. Nurjanah, W. P. Rahayu, and R. N. Najib, “Evaluasi Penerapan Good Manufacturing Practice dan Sanitation Standard Operating Procedure pada Rumah Pemotongan Hewan Unggas di Bogor,” J. Ilmu Pertan. Indones., vol. 26, no. 1, pp. 60–68, 2021, doi: 10.18343/jipi.26.1.60.
Feni Akbar Rini, P. B. Katili, and N. Ummi, “Penerapan Good Manufacturing Practices untuk Pemenuhan Manajemen Mutu pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus di PT. XYZ),” J. Tek. Ind. Untirta, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2015.
M. L. Hamzah, Y. Desnelita, A. A. Purwati, E. Rusilawati, R. Kasman and F. Rizal, "A review of Near Field Communication technology in several areas", Espacios, vol. 40, no. 32, 2019
M. L. Hamzah Ambiyar, F. Rizal, W. Simatupang, D. Irfan and Refdinal, "Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device", Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 12, pp. 47-64, 2021.
A. A. Purwati, Suhermin Budiyanto and M. L. Hamzah, "The effect of innovation capability on business performance: the role of social capital and entrepreneurial leadership on smes in indonesia", Accounting, vol. 7, no. 2, pp. 323-330, 2020.
M. L. Hamzah, A. A. Purwati, A. Jamal Sutoyo and M. Rizki, "An analysis of customer satisfaction and loyalty of online transportation system in Pekanbaru Indonesia", IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 704, no. 1, 2021.
A. A. Purwati and M. L. Hamzah, "Total service quality management and it's impact on customer satisfaction and loyalty of online transportation in Indonesia", Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 8, no. 11, pp. 1066-1070, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Devani Tiara Catur Anggraini, Dene Herwanto, Ramdhan Estu Nugroho
Editorial Address: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 Email: sitekin@uin-suska.ac.id © 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939 |
SITEKIN Journal Indexing:
Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php