PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KI TCHEN SET MENGGUNAKAN METODE KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA CV. ABC

Rachmat Bagus Irawan, Moch Nuruddin

Abstract


Perusahaan harus dapat menyesuaikan strategi pemasarannya untuk bersaing dengan persaingan industri yang semakin ketat. Daya saing suatu produk memerlukan keahlian yang tinggi untuk menangani produk dan kualitas tersebut. Setiap perusahaan berusaha untuk menciptakan produk atau jasa yang berkualitas, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami keinginan konsumen agar konsumen puas dengan produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kano dan QFD. Kano bertujuan untuk menentukan apa yang diinginkan konsumen dalam hal produk kitchen set.. Sedangkan, QFD bertujuan untuk menawarkan saran prioritas utama dalam upaya meningkatkan kualitas. Hasil dari penelitian yaitu hasil penelitian Kano diperoleh 3 atribut Must-be, 2 atribut One-dimensional, 3 atribut Attractive, dan untuk atribut Indifferent tidak memeperoleh grade. Sedangkan, dari hasi penelitian Quality Function Deployment diperoleh uji validitas dari ketiga tingkatan di dapat nilai R hitung lebih besar dari R table 0,316 maka atribut terjangkau valid dan uji reliabilitas terlihat bahwa nilai alpha dari ketiga tingkatan menghasilkan nilai cornbach’s alpha lebih besar dari pada nilai r table 0,316 dapat disimpulkan bahwa reliabel dan jawaban responden dianggap konsisten.


Full Text:

PDF

References


Dwiprabowo, H., & Effendi, R. (2007). Kajian Pengembangan Industri Furniture Kayu melalui Pendekatan Kluster Industri di Jawa Tenga H. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 4(3), 233-255.

Purwati, A. A., & Sitompul, S. S. (2017). Aplikasi Model Kano dalam Pengukuran Kualitas Perguruan Tinggi Swasta Kota Pekanbaru Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(2), 93-100.

Soekarta, R., & Suharsono, S. (2021). PERANCANGAN PENUTUP JEMURAN OTOMATIS MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE QFD (Quality Fungsional Deploymen). Metode: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 79-87.

Ulrich. K. T., Eppinger. D. S. (2001), Perancangan Pengembangan Produk, Salemba Empat, Jakarta.

buatwebsite88.wordpress.com 01 Oktober 2019. Penjelasan Singkat Definisi Kitchen Set Diakses pada 05 November 2022 dari https://buatwebsite88.wordpress.com/2019/10/01/penjelasan-singkat-definisi-kitchen-set/

Ubaidillah, A. F., Donoriyanto, D. S., & Tranggono, T. (2021). Penerapan Metode Kano dalam Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Pembelajaran Berbasis Online Pada Program Studi Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur. JUMINTEN, 2(1), 25-36.

Devani, V., & Kuncoro, A. A. (2012). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan UIN Suska Riau dengan Menggunakan Metode Kano. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 10(1), 98-105.

Rahmayuni, I., Humaira, H., & Defni, D. (2016). Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus: AKNP Pelalawan). INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 1(2), 133-139.

Haris Maulana, S. (2018). Pengembangan Produk Meja Sablon Semiotomatis Dengan Menggunakan Metode Qfd. Jurnal Tecnoscienza Vol.2 No.2, 20-41.

Rachmawati Yuanita, “Analisis peningkatan kualitas produk melalui perancangan produk unggulan kursi rotan dengan pendekatan quality function deployment (QFD) di PT. Inizio,” Indones. J. Sci. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 8–25, 2020,

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Yushila, A. B., & Effendi, U. (2017). Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Metode Fuzzy–Servqual Dan Quality Function Deployment (Studi Kasus Café Right Time Malang). Jurnal Teknologi Pertanian, 18(2), 107-118.

Harianja, R. P., Amani, H., & Sagita, B. H. (2018). Analisis Kebutuhan Layanan Indihome Pt Telekomunikasi Indonesia Sto Tegalega Menggunakan Integrasi Service Quality Dan Model Kano. eProceedings of Engineering, 5(3).

Noviana, M., & Hastanto, S. (2014). Penerapan metode quality function deployment (qfd) untuk pengembangan desain motif batik khas Kalimantan Timur. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 9(2), 87-92.

Akao, Y. 1990, QFD Integrating costumer requiremens into product design. Productivity Press.

Lestariningsih, S., & Jono, J. (2019). PENGGUNAAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM REDESAIN KOMPOR BATIK ELEKTRIK †œKOMBATRIKâ€. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 1(1).

Situmorang, M. J., Ginting, R., & Ishak, A. (2014). Pendekatan metode quality function deployment (qfd) untuk meningkatkan kualitas pelayanan hypermarket pada hypermarket XYZ. Jurnal Teknik Industri USU, 4(1).

Makmuri, M. K., & Zahri, A. (2016). Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Pengembangan Produk Locker.

Pulungan, M. H., Hastari, L. D., & Dewi, I. A. (2019). Perbaikan desain kemasan produk biskuit brownies menggunakan metode quality function deployment (QFD). Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 13(2), 39-46.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rachmat Bagus Irawan, Moch Nuruddin




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php