Evaluasi Fungsionalitas Learning Management System Berdasarkan ISO/IEC 9126-2

Indah Lestari

Abstract


Evaluasi learning management system (LMS) umumnya dilakukan subjektif berdasarkan penilaian dari dosen maupun mahasiswa pada institusi pendidikan yang menggunakannya. Untuk memperoleh hasil evaluasi yang objektif, berdasarkan fungsional fitur LMS, institusi pengguna dapat menggunakan ISO/IEC 9126. Namun institusi sebagai pengguna akhir adalah pihak yang tidak terlibat sejak fase awal pengembangan LMS dan mungkin saja tidak memiliki staf dengan keahlian di bidang perangkat lunak. Sehingga evaluasi yang sesuai adalah evaluasi fungsional sistem berdasarkan aspek eksternal, yaitu dengan ISO/IEC 9126-2.  Pada penelitian ini diperoleh bahwa fitur penting dari LMS adalah fitur administrasi, fitur penyampaian bahan ajar, fitur pengujian, fitur penilaian dan fitur komunikasi. Pengukuran fungsionalitas eksternal yang dapat dilakukan pengguna menggunakan standar ISO/IEC 9126-2 adalah pengukuran sub karakteristik akurasi. Pengukuran ini dilakukan pada LMS di institusi Politeknik Caltex Riau dan diperoleh hasil bahwa 4 fitur bernilai accuracy 0, yaitu akurat sesuai ekspektasi penggunaannya. Satu fitur, yaitu komunikasi tidak akurat karena hanya 2 dari 8 fungsi fitur yang diimplementasikan. Evaluasi ini dapat dijadikan masukan bagi institusi untuk mempertimbangkan kustomisasi LMS yang digunakan. Sehingga alternatif interaksi belajar-mengajar lebih bervariasi.

Keywords


Fungsionalitas; Eksternal; Learning Management System; ISO/IEC 9126-2

Full Text:

PDF

References


C. Pappas, “The Best Learning Management Systems,” 2014. [Online]. Available: http://elearningindustry.com/the-20-best-learning-management-systems. [Accessed: 05-Jan-2015].

I. A. Almarashdeh, N. Sahari, N. A. M. Zin, and Alsmadi Mutasem, “The Success of Learning Management System Among Distance Learners in Malaysian Universities,” pp. 80–91, 2010.

L. Abazi-bexheti, A. Kadriu, and L. Ahmedi, “Measurement and Assessment of Learning Management System Usage Department of Communication Science and Technology,” Adv. Educ. Technol., pp. 183–186.

S. Group, M. Darrell, S. Givens, D. Flaherty, N. Mirra, R. King, C. Love, and S. Goodman, “Learning Management System,” 2013.

M. Abdellatief, A. B. Sultan, M. A. Jabar, and R. Abdullah, “A Technique for Quality Evaluation of E-Learning from Developers Perspective,” vol. 3, no. 1, pp. 157–164, 2011.

S. MOhammad and A. A. Awadhi, “Performance Measurement of Learning Management System in,” Int. J. Inf. Commun. Technol. Res., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2013.

B. B. Chua and L. E. Dyson, “Applying the ISO 9126 model to the evaluation of an e- learning system,” pp. 184–190.

I. Padayachee, “ISO 9126 external systems quality characteristics , sub- characteristics and domain specific criteria for evaluating e-Learning systems.”

I. Lestari and B. Hendradjaya, “The application model of learning management system quality in asynchronous blended learning system,” in 2014 International Conference on Electrical Engineering and Computer Science (ICEECS), 2014, no. November, pp. 223–228.

“Compare Learning Management Systems (LMS).” [Online]. Available: http://lms.softwareinsider.com/. [Accessed: 26-Mar-2015].

F. L. Bramanti, ““Penilaian Kesiapan Organisasi Untuk Membangun dan Mengimplementasikan E-Learning,“Penilaian Kesiapan Organisasi Untuk Membangun dan Mengimplementasikan E-Learning,” Institut Teknologi Bandung, 2009.

Amanda, “The Current Top 5 Highest-Rated Learning Management Systems (LMS),” 2014. [Online]. Available: http://www.collectmythoughts.com/the-current-top-5-highest-rated-learning-management-systems-lms/.

Hidayati, “Perancangan Learning Management System Berbasis LTSA Pada Perguruan Tinggi Studi Kasus : STMIK Bandung,” Institut Teknologi Bandung.

“Compare Learning Management Systems (LMS).” [Online]. Available: http://lms.softwareinsider.com/. [Accessed: 26-Mar-2015].




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v13i1.1343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php