THE RELEVANCE OF ISLAMIC EDUCATION VALUES IN SACRIFICE WORSHIP TO THE LEARNING OF FORMAL EDUCATION
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Assyari. “Komunikasi Simbolik Ibadah Kurban”, RiauPos.co. Edition of September 25, 2015, http://www.riaupos.co/4085-opini-komunikasi-simbolik-ibadah-kurban.html, Accessed January 13, 2018.
Ahmadi, Wahid and Rachmi Hamidawati. Risalah Akhlak Panduan Perilaku Muslim Modern. Solo: Era Intermedia, 2004.
Amir, H. M. “Kisah Nabi Ibrahim dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam”. Ekspose, Vol. 23, No. 1 (2014): 1–22.
Amril. Akhlak Tasawuf: Meretas Jalan Menuju Akhlak Mulia. Bandung: Refika Aditama, 2015.
Amrullah, Abdul Malik Karim. Tafsir al-Azhar, Juz XXIII. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2008.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Aryo, Muhammad Gatot. Keajaiban Ikhlas: Cara Meraih Kesuksesan dan Kebahagiaan Hidup Dunia Akhirat. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo, 2007.
Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Andi Ofset 2007.
Burga, Muhammad Alqadri. “Hakikat Manusia sebagai Makhluk Pedagogik”. Al-Musannif, Vol. 1, No. 1 (2019): 19–31.
Dangnga, Muhammad Siri, and Andi Abd. Muis, Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar: SIBUKU, 2015.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan, Jilid VIII. Jakarta: Departemen Agama RI, 2009.
__________, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Pustaka Assalam, 2010.
Hamdi, Asep Saepul, and E. Baharuddin. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Al-Ḥanbalī, Ibnu ‘Ādil. Al-Bābu fī ‘Ulūm al-Kitāb, Juz XVI. Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 1998.
Hasan, Zainol. “Nilai-nilai tarbiyah pada Kisah Nabi Ibrahim”. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, Vol. 14, No. 2 (2018): 423–450.
Howe, Ruel. L. The Miracle of Dialogue. Terj. Muchtar Karyaman, Keajaiban Dialog. Jakarta: Nusa Indah, 2004.
Ibnu Kaṣīr. Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, Jilid VII. Kuala Lumpur Victory Agencie, 2006.
Ibnu Mājah, Sunan Ibn Mājah, Juz II. Bairut: Dar al-Fikr, 1997.
Ilyas, Yunahar. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, 2002.
Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2001.
Kusuma, Iskandar Wiryo. Demokrasi Belajar dan Pembelajaran Ditinjau dari Pengalaman Empirik. Malang: IPTP, 2001.
Al-Maḥallī, Jalāl al-Dīn, dan Jalāl al-Dīn al-Suyūtī. Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2011.
Mahfud, Choirul. “Tafsir Sosial Kontekstual Ibadah Kurban dalam Islam”. Humanika, Vol. 14, No. 1 (2014): 1–16.
Al-Marāgī, Aḥmad Musṭāfa. Tafīir al-Marāgī, Juzz XXIII. Semarang: Toha Putra, 1993.
Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasih, 2002.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Noviati, Reni. “Praktik Kurban Online dalam Perspektif Islam Tebar Hewan Kurban (THK) di Dompet Dhuafa”. Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 3, No. 1 (2017): 343–357.
Al-Qardawi, Yusuf. Al-Iman wa al-Hayat. Translated by Jazirotul Islamiyah, Merasakan Kehadiran Tuhan. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2007.
Al-Qurṭubī. Tafsīr al-Qurṭubī, Jilid XV. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.
Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
Rasyid, Rosdiana, and Muhammad Al-Qadri Burga, Nilai Pendidikan Islam dalam Ibadah Qurban: Kritik terhadap Praktik Pendidikan Modern. Makassar: Alauddin Press, 2017.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Al-Ṣabūnī, Muḥammad ‘Alī. Shafwah al-Tafasīr: Tafsīr li al-Qur’ān al-Karīm, Jilid III. Jakarta Indonesia: Dar al-Kutub al-Islamiyyah: 1999.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran, Volume 12. Jakarta: Lentera Hati, 2009.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
Supadie, Didiek Ahmad, et. al. Pengantar Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Suprayogo, Imam, and Tabroni. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Suyanto, Bagong, et. al. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2007.
Syukur, Amin. Tasawuf Bagi Orang Awam: Menjawab Problem Kehidupan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyah al-Awlād. Translated by Minzar Hamid, Pendidikan Anak dalam Islam, Jilid II. Jakarta: Pustaka Amani, 2009.
Widadi, Achmad. “Nilai Pendidikan pada Syariat Kurban: Kajian Tafsir Surat Al-Hajj Ayat 34 dan Surat Al-Kautsar Ayat 1-3”. Skripsi, not published. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2016.
Yaumi, Muhammad. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2014.
Yunus, Firdaus M. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2007.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.