Pengaruh Mind Mapping dan Motivasi Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI

Muhammad Hafizh, Yelfi Dewi, Arifmiboy Arifmiboy, Afrinaldi Afrinaldi

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari penggunaan mind mapping dan motivasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran PAI di SMAN 4 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design. Strategi pengumpulan data melalui tes yaitu pretest-posttest untuk kelas X.3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa, kelas X.7 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan mind mapping), dan lembar angket motivasi dan angket mind mapping. Data dianalisis dengan menggunakan rumus sesuai dengan jenis penelitian yaitu kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa output hasil uji F (ANOVA) diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai F hitung 22.672 > F tabel 3.28 , Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Terdapat pengaruh mind mapping dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik  pada materi meneladani peran ulama dalam menyebarkan Islam di Indonesia.   TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Portuguese Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Portuguese to English
Never translate Portuguese
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Mind Mapping, Motivasi, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Book

A.M, Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali, 2011)

Dalyono, M., Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Nurdin, Syafruddin, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rajawali Press, 2016)

Shoimin, Aris, Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)

Scientific Journal

Amin, Mutmainnah, ‘Pengaruh Mind Map Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik’, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1.1 (2016), 85–92

Arini, Made Suarjana dan Ni Wayan, ‘Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika’, International Journal Of Elementary Education, 3.2 (2019), 99–107

Casmini, Ni Luh., ‘Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Busungbiu’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3.1 (2020), 193–201

Evi Lestari Rahayu, Padillah Akbar, dan Muhammad Afrilianto, ‘Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis’, Journal On Education, 1.2 (2019), 271–78

Hanani, Silfia, Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Haqi, Luqman, ‘Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Peserta didik Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pelajaran 2015’ (UIN Walisongo, 2015)

I. Wayan Darmayoga Suparya, I. Ketut, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Whatsapp Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA’, Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 3.2 (2021), 166–73

Irna Andriati, Zulfani Sesmiarni, dan Armanida, ‘Impelementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar’, JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2.2 (2017), 147

Meidiyanti, Syamilah, ‘Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pembelajaran Model Learning Cycle Engagement Exploration Explanation Elaboration Dan Evaluation Disertai Mind Mapping’, Jurnal Pendidikan Biologi, 12.1 (2021), 16–21

Munte, Karya Sinulingga dan Denny, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Di Kelas X SMA’, Jurnal Pendidikan Fisika, 1.2 (2012), 1–6

Murhabibah, Sarah, ‘Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik PGSD Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan, 30.1 (2021), 13–22

Pratami, Wingga, Ngurah Ayu, and Henry Saputra, ‘Pengaruh Media GameEdukasi “Teka Teki Pengetahuan” Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SDN 03 Protomulyo’, Jurnal Profesi Keguruan, 5.1 (2019), 15–22

Salmiwati, ‘Konsep Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Murabby, 2.1 (2019),34-45

Sulichah, Eni, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta didik’, Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5.2 (2018), 71–77

Tia Ristiasari, Bambang Priyono, And Sri Sukaesih, ‘Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik’, Journal Of Biology Education, 1.3 (2012), 35–41

Wati, Salmi, Yelfi Dewi, Afrinaldi, and Inesri, ‘Peran Guru Mewujudkan Akhlakul Karimah Pada Peserta didik Dalam Pembelajaran Al_Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiyah Awaliyah Tarok Kota Bukittinggi’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.1 (2023), 2921

Wedra Aprison, Aminuddin, ‘Kreativitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islam’, Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.2 (2021), 125




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.33763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.