Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMA

Mufidah Hayati, Supratman Zakir, Iswantir M, Zulfani Sesmiarni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa e-modul berbasis flipbook yang valid, praktis, efektif untuk lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMAN 4 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan, khususnya pembuatan materi e-modul berbasis flipbook. Strategi pengumpulan data untuk penelitian dilakukan melalui tes dengan menjadikan kelas X.3 sebagai kelas uji coba (pemanfaatan e-modul berbasis flipbook) dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa nilai Aiken's V untuk pakar materi adalah 0,918803 dengan tingkat legitimasi yang tinggi, dari pakar media nilai Aiken's V adalah 0,95935 dengan tingkat kevalidan yang tinggi, dan dari guru sebagai praktisi pendidikan nilai Aiken's V adalah 0,961538 dengan tingkat kevalidan yang tinggi. Hasil praktikalitas e-modul oleh guru PAI dengan nilai momen kappa kedua 0,98 tergolong sangat praktis dan hasil praktikalitas angket yang diisi peserta didik sebesar 0,99 tergolong sangat praktis. Selanjutnya dilihat dari hasil uji efektivitas, informasi skor postes peserta didik kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa e-modul efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: E-Modul, Hasil Belajar, PAI

 

Abstract

The purpose of this research is to develop a learning media in the form of a flipbook-based e-module that is valid, practical, effective to further improve the learning outcomes of class X students in PAI subjects at SMAN 4 Payakumbuh City. The type of research used is Research and Development, specifically the making of flipbook-based e-module materials. The data collection strategy for the research was conducted through tests by making class X.3 as a test class (utilising flipbook-based e-modules) and class X.7 as a control class (ordinary learning). The results of the research conducted showed that the Aiken's V value for material experts was 0.918803 with a high level of legitimacy, from media experts the Aiken's V value was 0.95935 with a high level of validity, and from teachers as educational practitioners the Aiken's V value was 0.961538 with a high level of validity. The results of the practicality of e-modules by PAI teachers with a second kappa moment value of 0.98 are classified as very practical and the results of the practicality of questionnaires filled by students of 0.99 are classified as very practical. Furthermore, seen from the results of the effectiveness test, information on the post-test scores of experimental and control class students shows that e-modules are effectively used in learning.

Keywords: E-Modules, Learning Outcomes, Islamic Education    TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


Book

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

Cecep Kustandi, Deddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2020)

Komara, Endang, Belajar Dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2017)

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010)

Scientific Journal

Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, and I Made Gunamantha, ‘Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5.2 (2021), 165–74

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

Audie, Nurul, ‘Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, II, 586–95

Cecep Kustandi, Deddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2020)

Irna Andriati, Zulfani Sesmiarni, dan Armanida, ‘Impelementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar’, JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2.2 (2017), 147

Iswantir, PENDIDIKAN ISLAM Sejarah, Peran Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Bandar lampung: AURA (CV. Anugrah Utama Raharja, 2019)

Komara, Endang, Belajar Dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2017)

Mulyadi, ‘Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA Di SMP’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4.4 (2016), 296–301

Neng Nenden Mulyaningsih, Dandan Luhur Saraswati, ‘Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker’, Jurnal Pendidikan Fisika, 5.1 (2017), 25–32

Rahma Diani, Niken Sri Hartati, ‘Flipbook Berbasis Literasi Islam : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4.2 (2018), 234–244

Restiyowati, Illa, ‘Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA’, Unesa Journal Of Chemical Education, 1.1 (2012), 130–35

Resy Anggraini, Menza Hendri, dan Fibrika Rahmat Basuki, ‘Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X’, Artikel Imilah Universitas Jambi, 1.4 (2014), 1–11

Salmiwati, ‘Konsep Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Murabby, 2.1 (3019), 34–45

Salsabela, Tasya, Lucia Tri Pangesthi, Mauren Gita Miranti, Niken Purwidiani, Pendidikan Tata Boga, and Universitas Negeri Surabaya, ‘Jurnal Tata Boga Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Soup’, 11.2 (2022), 128–39

Setiyani, S. B. Waluya, Y. L. Sukestiyarno, and Adi Nur Cahyono, ‘E-Module Design Using Kvisoft Flipbook Application Based on Mathematics Creative Thinking Ability for Junior High Schools’, International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16.4 (2022), 116–36

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010)

Wedra Aprison, Aminuddin, ‘Kreativitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islam’, Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.2 (2021), 125

Zakir, Supratman, Efmi Maiyana, Agus Nur Khomarudin, Rina Novita, and Mayuti Deurama, ‘Development of 3D Animation Based Hydrocarbon Learning Media’, in Journal of Physics: Conference Series, 2021, MDCCLXXIX, 1–8




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.33228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.