Literature And Spirituality: The Implementation Of Islamic Values In Learning In The Era Of The Merdeka Curriculum
Abstract
This research aims to explore and analyze the application of Islamic values in literature learning in the context of the Merdeka Curriculum. The main focus of the research is how Islamic values can be harmonized and applied in literary materials holistically, so as to build a deeper understanding for students. Using qualitative methods and interviews, this research identifies challenges and solutions in the implementation of Islamic values, particularly in relation to efforts to prevent controversy in its application. In addition, this research evaluates the impact of the implementation of Islamic values on learners' attitudes, both in terms of literary and religious understanding. The results of the study are expected to provide effective guidance for the implementation of Islamic value-based literature learning, while enriching the learner's literacy experience without causing conflict or significant differences in views. The implementation of Islamic values is expected to create uan inclusive, tolerant, and multicultural learning environment.
Keywords: islamic values, literature learning, merdeka curriculum, multicultural education, controversy
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran sastra pada konteks Kurikulum Merdeka. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana nilai- nilai Islam dapat diselaraskan dan diterapkan dalam materi sastra secara holistik, sehingga mampu membangun pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta didik. Dengan menggunakan metode kualitatif dan wawancara, penelitian ini mengidentifikasi berbagai tantangan dan solusi dalam implementasi nilai-nilai Islam tersebut, khususnya terkait upaya untuk mencegah munculnya kontroversi dalam penerapannya. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi dampak implementasi nilai-nilai Islam terhadap sikap peserta didik, baik dalam pemahaman sastra maupun agama. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan panduan yang efektif bagi penerapan pembelajaran sastra berbasis nilai keislaman, sekaligus memperkaya pengalaman literasi peserta didik tanpa menimbulkan konflik atau perbedaan pandangan yang signifikan. Implementasi nilai-nilai Islam diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, toleran, dan multikultural.
Kata Kunci: nilai-nilai islam, pembelajaran sastra, kurikulum merdeka, pendidikan multikultural, kontroversi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2), 20-30.
Herawati, I, N. (2005). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 1-2.
Khalifatun, S., Nuraida, N., Agustin, S., Pakpahan, V. E. A., Robbi, M. I. A. K., & Setiyadi, B. (2024). IMPLEMENTASI INOVASI KURIKULUM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5): TINJAUAN TERHADAP EFEKTIVITAS DAN DAMPAKNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 248-259. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1291
Kharisman, M., Mildawati, T., Yusuf, M., & Mujahid, A. (2024). Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur'an. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 461-476. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.847
Lexy, J. Moleong (2018). Metodologi penelitian kualitatif/penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lidiawati, K. R., & Aurelia, T. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia: Rendah atau tinggi. Buletin KPIN, 9(02).
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66-78.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Masyhudi, F., Frasandy, R. N., & Kustati, M. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azkia Padang. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 81-90.
Mulyono, M. (2011). APRESIASI SASTRA ISLAMI DI INDONESIA. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 3(2). doi:https://doi.org/10.18860/ling.v3i2.577
Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra dan pendidikan: Sebuah pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nuristifah, H. (2021). Aspek Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Analisis Novel. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 519- 534.
Piyani, S. br S., & Salminawati. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Ansar Tanjung Pura Langkat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 275-286. https://doi.org/10.58230/27454312.226
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.
R.A. Fadhallah. (2021). WAWANCARA. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=rN4fEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP4&dq=info:77aWZVYo8kUJ:scholar.google.com/&ots=yyDMC8Y66O&sig=SiDqJCUWtUY-MTmHG7E35OlbxPM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Rahayu, S., et al. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Nurul Jadid dengan Fokus pada Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 20-30.
Ramadhana, R. N., Elyani, E. P., & Muâ, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Analisis Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 279-292.
Rosa, N. (2024, Juni 4). Polemik Sastra Masuk Kurikulum, DPR: Jangan Kebablasan saat Bikin Kebijakan. DetikEdu. Polemik Sastra Masuk Kurikulum, DPR: Jangan Kebablasan saat Bikin Kebijakan (detik.com)
Sakti, A., et al. (2023). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Siswa Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan, 9(4), 66-78. http://digilib.unila.ac.id/76529/
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4
Sunhaji, S. (2015). Sastra dalam tradisi pendidikan Islam. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 13(1), 47-58.
Syaiful, M. (2022). AL-QUR’AN SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(2), 96-104.
Syi’aruddin, M. A. (2018). Sastra dan Agama: Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Karya Sastra. BAHASA, SASTRA, DAN POLITIK DI ERA SIBER. Proceeding Universitas Pamulang, Vol. 1 No. 1
Tampubolon, M. (2023). Metode penelitian.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.32996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.