Integrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dalam Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka di SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Sidiq Wahyu Oktavianto, Hendro Widodo

Abstract


Indonesia, negara dengan geografis dan iklim yang beragam, menghadapi tantangan yang semakin besar dalam bidang pendidikan. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah meluncurkan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Program ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mendukung peran guru dalam mengimplementasikan program tersebut, dan memastikan implementasi program di sekolah-sekolah. Integrasi SPAB dan Kurikulum 2013 sangat penting untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, termasuk observasi, pengumpulan data, perekaman, dan wawancara, dengan fokus pada SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Dalam penelitian ini, analisis data, triangulasi data, dan metodologi studi kasus juga diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilar-pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah terpenuhi. Sekolah ini menerapkan kurikulum merdeka dan memasukkan SPAB ke dalam program unggulan sekolah.. Materi SPAB belum maksimal dimasukan dalam materi peajaran yang tertulis dalam kurikulum, materi SPAB hanya sebatas disisipakan dalam materi pelajaran dan diberikan ketika masa pegenalan lingkungan sekolah. Simulasi sebagai bentuk aplikasi SPAB dilaksanakan setiap sekali dalam tiap semester.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Satuan Pendidikan Aman bencana, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Adi Kurniawan, F., Centre Yogyakarta Jl Karanglo Baru, P., Donoharjo, K., Ngaglik, K., Sleman, K., Istimewa Yogyakarta, D., … Malang, K. (2024). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Kebencanaan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 3(1), 143–150. Retrieved from https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3274

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Almukarramah, Fadhillah, & Ajat Sudrajat. (2019). Integrasi Konsep Kebencanaan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 118–130. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13439

Ariani, F. (2021). Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781865

Hamidi, N., & Fajri, C. N. (2021). Integration of Disaster Preparedness Materials in Islamic Education (PAI) Subjects at SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Bantul. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 163. https://doi.org/10.21043/edukasia.v16i1.11661

Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Muhajir, Nurhayati, U., & Iman, F. (2022). Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 40–60. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332

Mustofa, M. (2020). Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776

Nugraheni, Y. T. F. A. (2023). Implementation of Disaster Safe Education Unit (SPAB) At Quwwatul Islam Yogyakarta Al-Qur’an Education Park (TPA). Journalof Contemporary Islamic Education (Journal CIE), 3(1), 72–81. Retrieved from https://doi.org/10.25217/jcie.v3i1.3097

Nurarifah, L., Syaefudin, S., & Santosa, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Analisis Relevansi Penerapan Metode Pendidikan Ibnu Khaldun. POTENSIA JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 10(No 1), 13–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.25731

Peraturan Pemerintah RI. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2024 TENTANG KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. , (2024). Indonesia.

Qoriandani, M., & Pambudi, D. I. (2020). Implementasi Sekolah Siaga Bencana Pada Sd Unggulan Aisyiyah Bantul. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 247–253. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753

RI, K. (2024). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved July 25, 2024, from kuikulum.kemdikbud.go.id website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah

Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 328–334.

Rijal, F. (2017). Kurikuluum Sekolah Unggul : Suatu Evaluasi dan Implementatif. PIONIR JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 1–19. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3347

Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Satria, A. S., Kabupaten, A., Progo, K., Istimewa, D., Program, Y., Manajemen, S., … Si, M. (2023). Integrasi pengurangan risiko bencana dalam pembelajaran pendidikan Islam: kajian transdisipliner. Repository.Uinsa.Ac.Id, 7(2), 225–235. Retrieved from http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3168/

Syarfi, lif ahmad, Utomo, E., & Prihartanto, E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 225–232. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.604

Tyas, R., & Suyanta, P. (2020). Integrating disaster risk reduction with science education to student of junior high school in Merapi Mountain Areas, Indonesia. International Journal of Engineering Research and Technology, 13, 4551–4557.

Widiawati, W. (2024). 10 Langkah Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Retrieved July 25, 2024, from PWMU.co website: https://pwmu.co/356949/05/27/10-langkah-penyelenggaraan-satuan-pendidikan-aman-bencana1/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.31905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.