Integrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dalam Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka di SD Unggulan Aisyiyah Bantul
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Kurniawan, F., Centre Yogyakarta Jl Karanglo Baru, P., Donoharjo, K., Ngaglik, K., Sleman, K., Istimewa Yogyakarta, D., … Malang, K. (2024). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Kebencanaan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 3(1), 143–150. Retrieved from https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3274
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Almukarramah, Fadhillah, & Ajat Sudrajat. (2019). Integrasi Konsep Kebencanaan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 118–130. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13439
Ariani, F. (2021). Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781865
Hamidi, N., & Fajri, C. N. (2021). Integration of Disaster Preparedness Materials in Islamic Education (PAI) Subjects at SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Bantul. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 163. https://doi.org/10.21043/edukasia.v16i1.11661
Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Muhajir, Nurhayati, U., & Iman, F. (2022). Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 40–60. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332
Mustofa, M. (2020). Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776
Nugraheni, Y. T. F. A. (2023). Implementation of Disaster Safe Education Unit (SPAB) At Quwwatul Islam Yogyakarta Al-Qur’an Education Park (TPA). Journalof Contemporary Islamic Education (Journal CIE), 3(1), 72–81. Retrieved from https://doi.org/10.25217/jcie.v3i1.3097
Nurarifah, L., Syaefudin, S., & Santosa, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Analisis Relevansi Penerapan Metode Pendidikan Ibnu Khaldun. POTENSIA JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 10(No 1), 13–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.25731
Peraturan Pemerintah RI. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2024 TENTANG KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. , (2024). Indonesia.
Qoriandani, M., & Pambudi, D. I. (2020). Implementasi Sekolah Siaga Bencana Pada Sd Unggulan Aisyiyah Bantul. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 247–253. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753
RI, K. (2024). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved July 25, 2024, from kuikulum.kemdikbud.go.id website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah
Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 328–334.
Rijal, F. (2017). Kurikuluum Sekolah Unggul : Suatu Evaluasi dan Implementatif. PIONIR JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 1–19. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3347
Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Satria, A. S., Kabupaten, A., Progo, K., Istimewa, D., Program, Y., Manajemen, S., … Si, M. (2023). Integrasi pengurangan risiko bencana dalam pembelajaran pendidikan Islam: kajian transdisipliner. Repository.Uinsa.Ac.Id, 7(2), 225–235. Retrieved from http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3168/
Syarfi, lif ahmad, Utomo, E., & Prihartanto, E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 225–232. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.604
Tyas, R., & Suyanta, P. (2020). Integrating disaster risk reduction with science education to student of junior high school in Merapi Mountain Areas, Indonesia. International Journal of Engineering Research and Technology, 13, 4551–4557.
Widiawati, W. (2024). 10 Langkah Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Retrieved July 25, 2024, from PWMU.co website: https://pwmu.co/356949/05/27/10-langkah-penyelenggaraan-satuan-pendidikan-aman-bencana1/
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.31905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.